,

Gubernur : Meski Berbeda Partai, Peserta Pemilu Harus Tetap Jaga Persatuan Kesatuan

15 Maret 2014 / 00:37 Dibaca sebanyak: 483 kali Tulis komentar

BANDUNG (LJ) – Kampanye damai dan berintegritas Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 di Kota Bandung dan Jawa Barat dimulai. Hal ini ditandai dengan pawai kendaraan hias dan deklarasi kampanye berintegritas yang dilakukan 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014, dan sejumlah calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sabtu (15/3).

Deklarasi kampanye berintegritas ini diikuti pimpinan 12 parpol peserta Pemilu 2014 dan sejumlah calon DPD RI Jabar di Lapangan Tegallega. Pembacaan deklarasi dipimpin Ketua KPU Kota Bandung, Rifki Ali Mubarok. Selain itu, hadir pula Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto, serta unsur Kepolisian Daerah Jabar dan Komando Daerah Militer III/Siliwangi.
 
Gubernur melepas peserta pawai kendaraan hias dari 12 partai peserta pemilu memeriahkan acara tersebut.Dalam sambutannya, Heryawan menuturkan bahwa pawai mobil hias itu menjadi wujud kebersamaan antara partai peserta pemilu.“Ini akan keliling bandung bersama sebagai bukti pemilihan demokrasi di Jabar berlangsung penuh dengan kebersamaan,” kata Heryawan.
 
Menurut Heryawan,meski berbeda-beda partai, Ia berharap seluruh peserta pemilu tetap menjaga persatuan dan kesatuan.“Kita adalah satu untuk Indonesia,” katanya.Gubernur pun meyakini, meski Jabar memiliki jumlah penduduk terbanyak, namun dalam kampanye ini, provinsi yang dipimpinnya itu tetap kondusif. Hal itu terbukti dari acara pesta demokrasi sebelumnya.
“Saya percaya masyarakat jabar. Pilkadanya ada 27 kali setiap pemilu. DPT paling banyak. Tapi pesta demokrasi di Jawa Barat tercatat dalam provinsi paling aman. Jabar sebagai penduduk paling besar, Insya Alloh kita juara sebagai provinsii paling aman,” tegas Heryawan.

Usai mendeklarasikan kampanye berintegritas, para pimpinan parpol tingkat Kota Bandung dan Jawa Barat pun menandatangani spanduk deklarasi kampanye berintegritas satu per satu. Bunyi dari deklarasi tersebut di antaranya, menanamkan kampanye yang santun dan beradab demi terciptanya pemilu tahun 2014 yang berkualitas dan berintegritas.

Menjaga dan memelihara kesatuan dan persatuan bangsa, sehingga menahan diri dari segala macam bentuk intrik, intimidasi, provokasi, pelecehan, dan pencemaran nama baik, serta penghinaan antarpeserta Pemilu 2014. Tunduk dan patuh terhadap segala ketentuan yang berlaku selama masa kampanye, serta siap menerima sanksi sesuai perundang-undangan. Menerima hasil Pemilu 2014 dan menghindari terjadinya tindakan anarkis dengan tetap menghormati upaya-upaya hukum sesuai ketentuan yang berlaku.

Usai pembacaan dan penandatanganan deklrasi kampanye berintegritas, Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat mengatakan, antusiasme peserta dan masyarakat dalam karnaval dan deklarasi ini cukup tinggi. Dengan begitu, peserta pemilu siap melakukan kampanye damai dan sesuai aturan yang ditetapkan. Begitu pun dengan siap menghadapi kampanye dan Pileg 2014. (Zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.