DPRD Jabar Sahkan APBD 2015

15 Desember 2014 / 12:55 Dibaca sebanyak: 322 kali Tulis komentar

BANDUNG LJ – Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat telah mensahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jabar 2015 melalui sidang paripurna, di Gedung DPRD Jabar, Bandung belum lama ini. Paripurna ini pun dihadiri langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar.

Adapun jumlah APBD Jabar 2015 sebesar Rp 24,753 triliun dengan pendapatan daerah mencapai Rp 23,914 trilun. Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jabar Ricky Kurniawan mengapresiasi penetapan APBD 2015 tersebut.

Menurut Ricky, terjadi peningkatan volume APBD dibanding tahun sebelumnya. Ricky berpendapat, peningkatan volume ini tak terlepas dari meningkatnya pendapatan dari pajak kendaraan bermotor.

“Penerimaan pajak PKB perlu diapresiasi,” kata Ricky di Gedung DPRD Bandung, Senin (15/12). Kendati begitu, Ricky berharap ke depannya Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pembenahan untuk memaksimalkan potensi pendapatan.

Selain itu, pembenahan pun harus dilakukan untuk semakin menciptakan transparansi anggaran. “Pemprov Jabar sebenarnya telah memiliki Perda No 5/2011 tentang tranparansi dan akuntabilitas anggaran, jadi tinggal implementasinya, ” kata Ricky.

Lebih lanjut Ricky katakan, kinerja BUMD harus dioptimalkan lagi. Pemprov Jabar dituntut lebih serius dalam mengupayakannya.

“Kami berharap ada upaya dari Pemprov Jabar  untuk menggenjot,” katanya. Ricky menjelaskan, dewan pun agak terkejut dengan penurunan Dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 384 miliar.

Menurutnya, penurunan DAU/DAK ini menjadi catatan yang tidak boleh diabaikan. Sementara itu, terkait pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, di Kabupaten Majalengka yang juga dianggarkan dalam APBD ini, DPRD Jabar akan mendorong sepenuh mungkin. (Ihsan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.