Wakil Ketua PPDB 2018, Dodin : Pendaftaran PPDB SMA/SMK/MA Jalur NHUN Dari 5 s/d 10 Juli 2018

29 Juni 2018 / 21:10 Dibaca sebanyak: 16 kali Tulis komentar

BANDUNG, LJ – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan baru akan membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) mulai hari Kamis s.d Selasa tanggal 5 s.d 10 Juli 2018.

Dikatakan Kepala Bidang Pembinaan Menengah Kejuruan yang juga sebagai Wakil Ketua PPDB 2018, Dr. Dodin R Nuryadin pendaftaran PPDB 2018 tersebut untuk jenjang SMA, SMK dan MA.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada para orang tua Calon Peserta Didik (CPD) baru hendaknya segera mempersiapkan segala persyaratan yang harus dibawa saat melakukan pendaftaran nanti.

Adapun dokumen persyaratan umum yang dibutuhkan meliputi: 1. Fotokopi akta kelahiran 2. Fotokopi ijazah 3. Fotokopi SHUN 4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) 5. Fotokopi KTP Orang tua 6. Surat Kelakuan Baik 7. Surat tanggung jawab mutlak orang tua 8. Pas foto siswa ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar 9. Dokumen khusus sesuai jalur yang ditempuh (SMK).

Dikatakannya, Calon Peserta Didik (CPD) jalur NHUN dapat langsung mendaftar ke sekolah yang dipilihan I dengan membawa: 1. CPD membawa dokumen dan persyaratan PPDB 2. CPD memilih sekolah pilihan ke-1 dan ke-2; 3. CPD melakukan pendaftaran dan menyerahkan berkas persyaratan di sekolah pilihan ke-1; 4. Verfikasi berkas pendaftaran; 5. Entri data CPD oleh operatur sekolah pilihan atau cabang dinas; 6. Seleksi rekap data pada web PPDB Jabar 2018; 7. Pengumuman hasil seleksi (Jika tidak diterima di pilihan 1, diseleksi sistem di pilihan 2); 8. Penetapan peserta didik melalui SK kepala sekolah; lalu 9. Daftar ulang.

“Setelah semua persyaratan dokumen diserahkan selanjutnya pendaftar akan menerima Surat Tanda Bukti Pendaftaran (STBP),” terang Dodin saat dihubungi, Kamis (28/6/2016).

Adapun pengumuman hasil seleksi PPDB jalur NHUN akan dibuka pada pada Kamis tanggal 12 Juli, sedangkan daftar ulang bagi CPD yang diterima akan dilaksanakan pada Jum’at-Sabtu tanggal 13 dan 14 Juli 2018. Dirinya juga menghimbau kepada CPD yang ingin meneruskan ke SMK hendak memperhatikan beberapa hal diantaranya: Sesuaikan Minat dan Bakat, karena SMK memiliki beragam jurusan yang dapat dipilih oleh calon peserta didik.
Lulusan SMK diharapkan setelah lulus dapat langsung bekerja sesuai jurusan yang telah ia pelajari. Namun, Lulusan SMK juga memiliki kesempatan bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ataupun berwirausaha.

“Selain itu minat dan bakat, pilihlah SMK yang memiliki jarak dekat dengan rumah. Selain menghemat uang transportasi, calon peserta didik juga lebih mudah untuk menjangkau sekolahnya kelak,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.