Diikuti 14 Negara, bank bjb Gelar West Java Marathon 2018

13 Juli 2018 / 22:35 Dibaca sebanyak: 116 kali Tulis komentar

Bandung, LJ — Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, tren popularitas olahraga lari di Indonesia mengalami perkembangan signifikan seiring lahirnya beragam komunitas dan gelaran publik. Lari bukan hanya sehat, tapi juga menunjang gaya hidup.

Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh Sun Life Financial Asia pada tahun 2016, lari adalah olahraga paling popular di Indonesia dengan 60% diatas  bersepeda dan berenang.

Kompetisi lari yang digelar dikemas melalui beragam konsep atraktif. Ada colour run yang dikemas melalui hiburan berupa taburan bedak penuh warna. Ada juga night run, kompetesi lari yang dilakukan pada malam hari dengan aksesoris menyala dan hiburan musik.

Selain itu juga ada konsep green run yang mengusung tema cinta lingkungan dengan tujuan pariwisata. Biasanya, jalur yang harus ditempuh pelari berada di wilayah alam bebas seperti gunung hingga hutan.

Serupa green run, konsep city run juga mengusung tema pariwisata. Bedanya, jika green run dikemas dalam balutan keindahan alam, sementara city run mengusung konsep latar jalan perkotaan.

Salah satu kompetisi city run paling populer di Indonesia adalah West Java Marathon yang rutin digelar setiap tahun di Jawa Barat. Bahkan pada tahun 2017 lalu, West Java Marathon dinobatkan sebagai “The Best Half Marathon Race and The Best Medal of The Year” versi Runhood Online Magazine.

Tahun 2018, West Java Marathon kembali hadir dengan mengusung konsep The Pride of West Java Sport Tourism. Rencananya West Java Marathon akan digelar pada tanggal 22 Juli 2018 di Kota Bandung.

bank bjb sebagai salah satu agen perubahan nasional kembali menjadi salah satu sponsor utama dalam gelaran lari yang akan diikuti oleh sekitar 8.000 peserta dari 14 negara tersebut.

“Kehadiran kami untuk kali kedua di West Java Marathon merupakan bentuk konsistensi bank bjb untuk menjadi bagian dalam membangun Indonesia memahami negeri,” ujar Senior Vice President of Corporate Secretary Division bank bjb Hakim Putratama.

West Java Maraton sendiri terbagi ke dalam empat kategori yaitu 5K, 10K, 21K atau half marathon dan 42K atau full marathon. Kehadiran semua nomor kategori yang menjadikan West Java Marathon sebagai gelaran lari bertaraf internasional.

Uniknya, hanya 40% pelari yang merupakan warga Jabar. Sementara 60% sisanya justru berasal dari luar Jabar dan Indonesia. Jepang dan Malaysia menjadi negara diluar Indonesia yang menyumbangkan peserta terbanyak.

Tidak heran jika kemudian West Java Maraton hadir sebagai sarana untuk memperkenalkan pariwisata di Kota Bandung. Terlebih, gelaran lari dengan konsep sport tourism tersebut juga dinilai relevan dengan pertumbuhan perekonomian nasional, terutama pada segmen pariwisata.

Hal tersebut terlihat pada gelaran West Java Marathon tahun 2017 yang menyajikan berbagai kesenian tradisional khas Jabar. Sebut saja rampak kendang, tari merak, dan angklung yang dapat dinikmati para peserta sembari berlari.

Melalui West Java Marathon, bank bjb berharap dapat mendongkrak jumlah nasabah dan menghimpun dana pihak ke tiga baru. Selain itu, gelaran juga menjadi momentum tepat untuk mempromosikan layanan produk dan jasa bank bjb.

Tidak hanya West Java Marathon, bank bjb juga aktif terlibat dalam gelaran lari green run bertajuk West Java Eco Marathon yang dihelat oleh Pemerintah Provinsi Jabar pada bulan Oktober tahun lalu.

Mengusung konsep wisata alam, West Java Eco Marathon berlangsung di pegunungan Pangalengan, Kabupaten Bandung sebagai rute dengan ketinggian antara 1.100 hingga 1.750 di atas permukaan laut.

Pelari harus melewati bukit perkebunan teh Malabar, Kertamanah dan Cinyiuran. Pelari disuguhkan eksotisme pemandangan alam berupa sungai, danau, hutan, pedesaan serta gheothermal Wayang Windu.

Sehingga West Java Eco Marathon memberikan pengalaman berbeda yakni berlari di udara dingin. Tidak lupa, atraksi seni turut ditampilkan di gelaran yang memiliki kategori di semua nomor lari tersebut.

Sementara untuk kategori night run, bank bjb memiliki gelaran rutin sejak tahun 2016 bertajuk bjb Novermber Run. Melalui ragam permainan air, November Run menyajikan euforia di setiap akhir tahun.

Pada edisi pertama tahun 2016, November Run mengambil tema “Water Gun Festival” dengan konsep perang air. Sementara untuk tahun 2017, “Foamtastic” dipilih sebagai tema besar November Run.

November Run pada dasarnya menggabungkan dua unsur berbeda dalam satu paket acara. Sebuah gelaran lari yang dikemas secara menghibur melalui ragam rintangan sepanjang rute perjalanan seperti hujan buatan hingga labirin dan kehadiran hiburan musik. Untuk edisi tahun 2017, bank bjb turut mengundang Herjunot Ali dan Kartika Ayu sebagai bintang tamu.

 “November Run adalah bentuk apresiasi bank bjb untuk para runners dan generasi muda yang gemar nongkrong sehat. Judulnya adalah fun run,” ujar Hakim saat membuka gelaran November Run 2017. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.