Gelaran Gedung Sate Festival 2018 Akan Mempresepsikan Jawa Barat Secara Utuh

5 November 2018 / 08:59 Dibaca sebanyak: 390 kali Tulis komentar

BANDUNG, LJ – Warga Jawa Barat dalam waktu dekat akan disuguhi perhelatan Gedung Sate Festival atau GSF 2018 yang rencananya akan digelar selama 2 hari (Jumat-Sabtu) pada tanggal 16-17 Nopember 2018 dan akan dipusatkan di halaman Gedung Sate Jalan Diponogoro Bandung.

GSF 2018 sendiri merupakan acara apik yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Provinsi Jawa Barat. Dan dipastikan pada perhelatan tersebut akan semarak dan meriah sebab berbagai pendukung acara telah dipersiapkan termasuk diantaranya akan menghadirkan artis ternama Via Valen sebagai bintang tamu utama serta sederet artis ibukota lainnya.

Selain itu pula, GSF 2018 akan mengkolaborasi berbagai unsur dalam bidang seni, terdiri dari berbagai area festival dan pertunjukan mulai dari Main Stage, Mini Stage, Expo, Exhibition, Culinary, Islands dan Area Partisipasi.

Dalam press release yang diterima redaksi kemarin, bahkan GSF 2018 diklaim sebagai satu-satunya festival yang berdasarkan skema PPP (public-private-partnership) antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan pelibatan pihak komunitas dan sector privat.

Disamping pola PPP, GSF 2018 juga memasukan berbagai elemen yang dibutuhkan dalam membangun suatu festival yang didedikasikan untuk penguatan ekonomi sector pariwisata.

Dengan demikian, dalam pelaksanaannya, GSF 2018 diharapkan akan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke jawa barat, juga akan menjadikan suatu tontonan baik lansung maupun melalui media elektronik.

Sedang tujuan digelarnya acara akbar itu guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendatangkan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sejalan dengan pola manajemen GSF adalah dari pemerintah oleh masyarakat kepada masyarakat dan konsep GSF adalah transliterasi serta tema GSF adalah Jawa Barat Selatan.

Lebih dari itu, GSF 2018 pun dipastikan akan menjadi cerminan bagaimana perhelatan dapat mempresepsikan Jawa Barat secara utuh. Sebab banyak menghadirkan keunggulan-keunggulan serta keunikan pagelaran GSF 2018.

Adapun unggulan pada helaran GSF 2018, adalah penampilan Carnaval, dikarenakan Jawa Barat memiliki banyak nilai budaya dan seni, juga didukung oleh teknologi.

Sementara itu peserta carnaval sendiri dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat Jawa Barat dari 27 Kota dan Kabupaten, tetapi konsepnya akan dikurasi juga menyesuaikan dengan tema event.

Sementara ada beberapa keunikan dalam helaran GSF 2018 yang diselenggarakan oleh Disparbud Jabar ini sebab akan lebih menekankan pada produk-produk unggulan daerah, industri pariwisata dan meningkatkan citra Jawa Barat.

Sehingga pagelaran tersebut adalah salah satu agenda penting di Jawa Barat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

GSF tentunya pula menjadi ajang promosi Jawa Barat sebagai destinasi berdaya saing di Indonesia dan regional ASEAN dan ASIA. Tidak sampai disitu, GSF pun menyajikan suatu forum penting untuk “Soft Diplomasi Budaya“ Jawa Barat.

Bahkan GSF merupakan aksi “Pertama” di Indoensia yang dilakukan manajemen PPP untuk Festival. Selain pula terciptanya “Aplikasi Incorporates” di Indonesia dalam bidang Pariwisata dan Kebudayaan.

GSF pun dijadwalkan sebagai agenda tahunan di jawa barat. Dengan sasarannya adalah menjadikan Jawa Barat sebagai destinasi budaya yang penting di Indonesia, ASEAN dan ASIA.

Dengan banyak melibatkan di dalamnya Multi Discipline-musik, tari, theater, films, mamin, Artexhibitions, Literature, Poetry, music rakyat dan tari, seni pertunjukan tradisional, music modern, fusionart, beladiri dan lainnya. Juga Multi Venue (island’s), dari carnival, Musikand panggung terbuka, eksibisi serta sejenisnya.

Selanjutnya dalam pagelaran ini, bagian dari intensif marketing dan promosi dan membuka forum promosi semua entitas bisnis kepada dunia minimal di Indonesia dan ASEAN serta ASIA.

Secara garis besar, GSF 2018 terdiri dari beberapa kawasan dan kegiatan penunjang hasil kolaborasi apik dari pihak Disparbud Jabar dengan melibatkan banyak unsur di dalamnya sehingga akan melahirkan gelaran akbar yang menarik.

Untuk itu, ayo bagi warga Jabar terutama warga Bandung untuk berpartisipasi memeriahkan acara ini dan siap terhibur dengan kemeriahan acara GSF 2018. (San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.