Jawa Barat Raih Adibakti Mina Bahari Dengan Predikat “JUARA UMUM”

14 Desember 2010 / 19:02 Dibaca sebanyak: 531 kali Tulis komentar

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Dalam rilis yang diterima redaksi menyebutkan Provinsi Jawa Barat kembali mengukir prestasi. Kali ini meraih predikat Juara Umum dalam Peringatan Hari Nusantara ke-11 Tahun 2010 yang dirayakan secara Nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada hari Senin (13/12). Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden Boediono itu menetapkan Provinsi Jawa Barat sebagai peraih Juara I terbanyak dengan menyabet 5 kategori mengungguli 32 provinsi lainnya. Rencananya penghargaan diberikan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Penghargaan itu menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhamad sebagai wujud apresiasi Pemerintah Pusat atas prestasi yang sudah diukir Jawa Barat dalam membangun sektor Kelautan dan Perikanan.

Lebih lanjut Fadel menjelaskan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan penghargaan Adibakti Mina Bahari Bidang Perikanan Budidaya, Bidang Perikanan Tangkap, Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan serta Bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan kepada Nelayan, Pembudidaya dan Pengolah Ikan, dan Kelompok Masyarakat Pengawas. “Dan untuk tahun ini Provinsi Jawa Barat meraih 5 kategori Juara I sekaligus mengungguli provinsi yang lainnya. Diharapkan prestasi tersebut memicu lebih baik lagi pembangunan sektor kelautan dan perikanan di masa depan,” tandas Fadel belum lama ini di Jakarta.

Atas penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat tersebut, Heryawan menyampaikan apresiasinya. Menurutnya ini merupakan bagian dari perhatian Pemerintah Pusat atas segala upaya Daerah dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan. Diharapkan menjadi motivasi semua pihak terkait untuk mengukir prestasi lebih baik lagi di masa mendatang. “Peran aktif semua pihak akan menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai primadona perekonomian nasional. Jawa Barat sebagai wilayah potensial tentu akan serius membangun sektor ini lebih maju lagi. Penghargaan ini merupakan wujud pengakuan Pemerintah kepada masyarakat Jawa Barat atas kemajuan sektor kelautan dan perikanan,” ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, sebelum bertolak ke Balikpapan, Minggu (12/11).

Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor: KEP.71/MEN/2010 tertanggal 25 November 2010, tentang Penetapan Penerima Penghargaan Adibakti Mina Bahari. Dan Provinsi Jawa Barat ditetapkan sebagai Juara Umum.  Dari beberapa kategori yang dilombakan, Jawa Barat berhasil menyabet 5 kategori Juara Pertama, yakni sebagai berikut; Juara I kategori,: (1) Penyelenggara Pelelangan Ikan Teladan (TPI Batukaras – Ciamis); (2) Kinerja Kelembagaan Kelompok/ Pokdakan Nila (Mina Lestari – Purwakarta); (3) Pokdakan Ikan Hias (Curug Jaya – Kota Depok), (4) Pokdakan Lele/Patin (Pandawa – Majalengka); (5) Kategori Kelembagaan Unit Pelayanan Teknis Daerah/ UPTD (Balai Pengembangan Budidaya Air Payau dan Laut/BPBAPL Karawang).

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, selain meraih Juara Pertama untuk 5 kategori, juga menyabet juara pada  kategori lainnya, seperti: Pokdakan Udang (Galah Jaya – Kota Banjar) meraih Juara Harapan I, Unit Pembenihan Rakyat (UPR/HSRT) (Setuju Mekar Jaya – Bogor) Juara II, dan Unit Pelayanan Pengembangan/UPP (Sejahtera – Sukabumi) Juara Harapan II.  Selain itu, Jawa Barat juga meraih Juara II kategori Usaha Kecil Menengah Pengolahan Terbaik Tingkat Nasional, yaitu Kelompok Kelapa Gading Kabupaten Indramayu. (San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.