Wisata Burung Rancabayawak Harus Dikembangkan

9 Maret 2011 / 18:58 Dibaca sebanyak: 373 kali Tulis komentar

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Keberadaan Burung Belekok Sawah dan dan Kuntul Kerbau yang berkembang biak di antara pepohonan bambu di daerah RW 02 Rancabayawak, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, bisa dijadikan sebagai tempat wisata burung.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, sesaat setelah meninjau keberadaan burung-burung tersebut, Selasa (09/03).

Diakui oleh Wakil Wali Kota, potensi alam tersebut bisa menjadi ikon baru bagi warga Gede Bage, umumnya bagi warga Kota Bandung.”Potensi alam ini tentu saja harus kita kembangkan secara optimal sehingga apabila sudah menjadi tempat wisata, masyarakat sekitar bisa mempunyai usaha lain, seperti bidang kuliner dan pariwisata,” ujar Ayi sambil memperhatikan burung-burung yang hinggap di pepohonan bambu.

Kedatangannya, ke lokasi tempat berkembang biaknya dua jenis burung tersebut menurut Ayi, merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Bandung.

“Pemkot akan berusaha agar habitat kedua burung tersebut tidak terganggu, apalagi sampai hilang” jelas Wakil Wali Kota Bandung.

Keberadaan lokasi yang berada di daerah pemukiman, membuat sedikit kekhawatiran bakal tergusur. Sehingga, Ayi pun akan terlebih dahulu melaporkan kepada Wali Kota Bandung, dan berkoordinasi dengan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait dan berbicara dengan pengembang agar habitat burung-burung tersebut tidak terganggu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Asian Water Bird, UNPAD dan ITB, daerah Rancabayawak tersebut merupakan tempat persinggahan burung dari belahan dunia lain seperti Cina, Mongol dan Rusia. Di daerah Rancabayawak, ada 4 rumpun bambu yang dijadikan tempat singgahnya burung, 3 diantaranya dijadikan sebagai tempat berkembang biak. (Herdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.