Demi Burung Kuntul, Wali Kota siap Beli Tanah

8 April 2011 / 10:25 Dibaca sebanyak: 525 kali Tulis komentar

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Guna melestarikan habitat burung belekok sawah dan kuntul kerbau di Kel. Rancabolang dan Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, Pemkot Bandung berencana membeli lahan sawah yang berada di dekat rumpun bambu sebagai tempat hidup burung tersebut.

Wali Kota Bandung, Dada Rosada menuturkan, keberadaan burung belekok sawah dan kuntul kerbau yang selama ini kerap hinggap di pohon bambu, merupakan hewan yang harus diselamatkan. Apalagi selama ini burung-burung tersebut hinggap di rumpun bambu dengan sendirinya.

“Ini harus diselamatkan. Kawasan ini sangat baik untuk wisata baru,” kata Dada usai melihat keberadaan dua jenis burung tersebut, di Kel. Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, Jumat (8/4) petang.

Dikatakan Dada, burung tersebut pada prinsipnya sangat takut hidup di lingkungan yang banyak penduduknya, sehingga sekarang burung berpelatuk panjang ini menghilang.

“Burung tersebut, sebelumnya pernah menghilang dari kawasan ini. Tetapi karena mungkin tidak ada lahan lagi atau rumpun bambu di tempat lain, sehingga kembali ke sini,” ujar Dada.

Pemkot Bandung sendiri, tambahnya, berencana membeli lahan sawah yang saat ini menjadi tempat singgah burung. Direncanakan, di lahan tersebut nantinya akan dibuat kolam untuk ikan serta penambahan rumpun bambu untuk mendukung kehidupan burung kuntul. “Karena burung tersebut hinggap di lahan yang berbatasan dengan lahan milik masyarakat dan perumahan, maka kami akan membeli lahan tersebut. Kemungkinan dianggarkan pada APBD perubahan 2011 atau pada APBD 2012 pada Januari atau Maret,” ungkap Dada.

Lurah Cisaranten Kidul, Heni Mustika Sari pun berharap keberadaan lokasi burung tersebut dapat menjadi aset bagi masyarakat sekitar dan Kota Bandung. Menurutnya, saat ini junlah burung-burung tersebut sekitar 1.000 ekor. (Herdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.