Kota Bandung Banyak Raih Penghargaan

16 Februari 2013 / 12:50 Dibaca sebanyak: 1111 kali Tulis komentar

KOTA BANDUNG merupakan jantung kota dari propinsi Jawa Barat yang terkenal dengan Pariz Van Java serta kota yang memiliki tingkat kunjungan wisatawan relative tinggi di Indonesia. Tatanan perkotaan yang di bangun di atas luas lahan 16.729,50 Hektar menjadikan Kota Bandung menjadikan kota impian wisatawan karena dikenal dengan wisata kuliner serta pusat perbelanjaan fashion yang tentunya diiringi dengan makin hari makin terus berbenah diri. Bahkan Kota Bandung membangun begitu menjelma dengan penataan kota yang berbasis jasa serta bermuara pada Kota Bandung sebagai kota Bermartabat (Bersih, Makmur, Taat dan Bersahabat). Kota bermartabat hakikatnya kota dan warganya mempunyai kehormatan, kebanggaan dan jati diri.

Tidak sedikit berbagai prestasi dan penghargaan semasa mantan Sekdakot Bandung itu memimpin Kota Bandung, sudah ditorehkan. Untuk jabatan periode kedua di tahun pertama saja sudah mengoleksi berbagai penghargaan. Di antaranya di penghujung 2008, tepatnya 18 Desember, Wali Kota Bandung Dada Rosada meraih penghargaan dari Menkes RI Dr. Siti Fadilah Sapari Sp.Jp(K) berupa Karya Bakti Husada Kartika, pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 44 di Jakarta. Berikut pengangkatan kualitas pelayanan kesehatan melalui Sertfikasi ISO 9001-2000 serta peningkatan kinerja dan kesejahteraan Kader Posyandu. Kemudian penghargaan sebagai pengumpul pajak bumi dan bangunan (PBB) ke-2 pada kelompok V (target pajak di atas Rp75 miliar) 2008. Penghargaan diberikan Gubernur Jabar.
Kemudian tanggal 19 Mei 2009, Dada Rosada meraih penghargaan Pena Mas Laskar Pelangi dari Keluarga Mahasiswa Bandung (KMB). Penghargaan diberikan atas perhatian Dada untuk memajukan dunia pendidikan Kota Bandung. Masih bulan yang sama (31/5), menerima penghargaan dari Departemen Sosial (Depsos) RI dalam Bidang Perhatian Sosial Lanjut Usia (Lansia). Piagam dan plamfet diberikan langsung Mensos Bachtiar Chamsyah pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLIN) 2009 di Tangerang. Wali Kota Bandung dinilai memiliki perhatian, rasa hormat, penghargaan, dan upayanya serta telah memberikan kepedulian dan pengabdiannya yang besar dalam penanganan sosial lansia di Kota Bandung. Juga pada peringatan Hari Lingkungan Hidup 2009 Tingkat Nasional di Jakarta (5/6), Kota Bandung meraih piagam penghargaan Adipura 2009 Best Effort untuk kategori metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup, yang diberikan Menteri LH Rachmat Witoelar.

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya keras Pemkot Bandung dalam menangani masalah kebersihan lingkungan. Di samping meraih anugerah Adiwiyata yang diwakili SMPN 7 Bandung, sebagai sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup selama 3 tahun berturut-turut.

Prestasi berikutnya, selama Juli 2009, secara berturut-turut meraih tiga penghargaan. Tepatnya (23/7), Pemerintah Kota Bandung meraih penghargaan sebagai juara lomba Information Communication Technology (ICT Award 2009) untuk Kategori Pemerintah Daerah TK. II dari Univeristas Gunadarma. Pemkot Kota Bandung dinilai sebagai pengelola website pemerintahan terbaik dari 242 web pemerintah daerah tingkat II lainnya yang ada di Indonesia. Penghargaan diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung DR.Edi Siswadi, M.Si mewakili Wali Kota, yang diserahkan Rektor Universitas Gunadarma Prof. DR. E.S. Margianti, SE. MW.

Sehari kemudian (24/7) dalam rangka Hari Lingkungan Hidup (5/6), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memberikan penghargaan kembali berupa Best Efforts kepada Kota Bandung untuk kategori metropolitan. Penghargaan sebagai Kota Langit Biru 2008 diraih berkat upaya Pemkot Bandung memperbaiki kualitas udara Kota Bandung melalui kegiatan uji emisi. Ada pula penghargaan sebagai pembina dan pemerhati anak-anak jalanan (anjal) dari Gubernur Jabar kepada Ny. Nani Dada Rosada.

Juga tiga penghargaan secara berturut-turut pada Agustus 2009. Yakni penghargaan dari Kementerian Negara Riset & Teknologi atas perhatian pada bidang riset ilmu pengetahuan dan teknologi kategori lembaga pendidikan dan pelatihan iptek. Bandung dinilai berhasil mengembangkan Iptek, termasuk pemanfaatannya. Penghargaan diterima Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda, SH. yang diserahkan Menteri Negara Komunikasi & Informatika Muhamad Nuh di Jakarta (10/8). Pada 14 Agustus Wali Kota Bandung Dada Rosada sebagai Ketua Mabicab menerima Lencana Melati dari Kwatir Nasional Gerakan Pramuka, yang diserahkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Cibubur, Jakarta. Pada 20 Agustus memperoleh Adiupaya Puritama 2009, sebagai peringkat ke 2 kategori kota metropolitan/besar dari Kementerian Negara Perumahan rakyat Mohamad Yusup Asy’ari pada peringatan Hapenas II tahun 2009. Bandung dinilai berhasil meramu dan menata konsep perumahan. Salah satunya dengan mulai bermunculannya rumah susun.

Kota Bandung juga mendapat Piala Wahana Tata Nugraha 2011, Kategori Kota Metropolitan Piala diterima oleh : Walikota Bandung H. Dada Rosada SH., M.Si yang diserahkan oleh : Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan Di jakarta, Selasa, 29 mei 2012, dan
Walikota Bandung, H. Dada Rosada SH., M.Si meraih penghargaan Ing Ngarso Sung Tulodo Utama dari Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Pusat yang diserahkan oleh Wakil Menteri Hukum Dan Ham Denny Indrayana di Palembang, Rabu, 6 Juni 2012.

Selain itu, Kota Bandung meraih penghargaan sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXII tingkat provinsi Jawa Barat penghargaan diterima langsung oleh: Wali Kota Bandung, Dada Rosada dan diserahkan oleh: Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Kabupaten Karawang 21-27 April 2012.

Pun Kota Bandung menerima penghargaan sebagai Pembina k3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) Tingkat Kota/Kabupaten dari Kementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Penghargaan diterima langsung oleh: Walikota Bandung Dada rosada penghargaan diserahkan oleh: Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar pada acara malam anugerah K3 2012 di SMESCO center, Jakarta Rabu (25/4). (Ihsan/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.