,

Launching ISO 9001:2008 SMK ICB Bandung

9 Maret 2013 / 12:55 Dibaca sebanyak: 640 kali Tulis komentar

SEBAGAI salah satu ujung tombak penghasil lulusan pendidikan menengah , maka SMK (Sekolah Menengah Kejuruan} dituntut untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi tinggi di bidang jurusannya masing-masing , termasuk ke arah standarisasi Internasional.

Perhatian Pemerintah Kota Bandung dalam Pendidikan sangat besar karena Bidang Pendidikan merupakan Prioritas pertama dalam 7 Agenda Prioritas Kota Bandung, hal ini terbukti dengan dukungan yang kuat dan berlanjut terhadap dunia pendidikan terutama dalam hal pengembangan kualitas lulusan – lulusan pendidikan terutama di tingkat menengah.
Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda yang hadir dan meresmikan Launching ISO 9001 tahun 2008 di SMK ICB Bandung , Jl Pahlawan No 19 Mengatakan bahwa dirinya cukup berbangga dengan prestasi yang diraih oleh SMK ICB karena telah dapat mendapatkan sertifikasi ISO 9001 tahun 2008 (9/3).
“ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu dan kualitas, ini membuktikan bahwa lulusan-lulusan SMK ICB kedepannya akan dapat menjadi calon pemimpin – pemimpin bangsa  yang berkualitas bukan hanya secara Nasional tetapi juga Internasional “ ungkap Ayi.
Ayi juga mengingatkan bahwa peningkatan standarisasi mutu dan manajemen merupakan hal yang sangat penting di dunia pendidikan , mengingat 10 – 20 tahun mendatang bukan hanya persaingan yang semakin berat tetapi dari segi teknologi pun akan semakin jauh lebih maju, maka sangat vital apabila dari mulai sekarang lulusan-lulusan sekolah menengah harus juga sudah berstandar ISO 9001 tahun 2008.
“Dengan semakin majunya dunia teknologi dan pendidikan harus menjadi suatu perhatian penting bahwa SDM yang nantinya akan bekerja di dunia usaha memiliki keterampilan dan klasifikasi serta standarisasi yang baik , tetapi yang lebih penting pula ialah bahwa nilai-nilai budaya juga harus ditanamkan lebih dalam pada generasi muda yang kelak akan menggantikan kita sebagai generasi tua, hal ini merupakan prestasi yang cukup dibanggakan bagi SMK ICB karena selain mendidik siwa-siswinya untuk siap menghadapi dunia nyata tetapi juga tetap mengajarkan budaya yang cukup kental pada mereka “ papar Ayi.
Lebih jauh Ayi juga mengajak para Siswa dan Siswi untuk lebih mengnal budaya tradisional lokal lebih mendalam karena apabila digali sebenarnya budaya lokal adalah merupakan kekayaan yang dapat  memperkuat budaya Nusantara.
“Apabila digali budaya lokal sebenarnya memiliki banyak kegunaan dan fungsi sebagai contoh apabila di bidang keahlian memasak kita bisa memakai pewarna , maka kita bisa menggunakan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan yang tentu saja aman untuk tubuh “ papar Ayi.
Menutup kunjungannya Ayi juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Bandung kedepannya akan tetap melakukan pembinaan-pembinaan terhadap sekolah-sekolah swasta  karena ternyata juga SMK juga merupakan salah satu pilihan favorit bagi warga Kota Bandung.
“Pemerintah Kota Bandung dan Dinas Pendidikan akan selalu melakukan pembinaan-pembinaan kepada sekolah – sekolah kejuruan swasta secara kontinyu karena dengan adanya prestasi-prestasi yang diraih seperti ini juga akan mendorong kualitas lulusan-lulusan SMK di Kota Bandung , apalagi SMK juga memang salah satu sekolah tujuan favorit bagi lulusan-lulusan Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung “ pungkas Ayi. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.