Sosialisasi Pertanggungjawaban Bantuan

17 Juli 2013 / 18:30 Dibaca sebanyak: 478 kali Tulis komentar

BANDUNG (LJ),- Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) perwakilan Jawa Barat memberikan sosialisasi mengenai tata cara pertanggungjawaban dana hibah dan bansos kepada para penerima dana tersebut. Sosialisasi dilakukan di Ruang Serba Guna Bermartabat Balai Kota, Jalan Wastukancana No 2. Bandung, Rabu (17/7).

Acara tersebut di buka oleh Plt. Sekda Kota Bandung Yossi Irianto dan dihadiri oleh para penerima bantuan, dan sejumlah pejabat Pemkot Bandung.

Setelah membuka acara tersebut, Yossi mengatakan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan tersebut diharapkan para penerima dana hibah atau pun bantuan sosial baik perseorangan maupun lembaga, dapat memahami tata cara pertanggungjawabannya.

“Banyak penerima bantuan tersebut yang tidak faham mengenai tata cara pertanggungjawabannya, sehingga perlu diberikan bekal pemahaman mengenai hal itu, agar persoalan administrasi yang timbul beberapa waktu lalu tidak terulang lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pemahaman bagaimana mekanisme tata cara pertanggungjawaban dana tersebut bukan hanya mengenai akuntabilitas besarannya, tetapi juga tanggung jawab yang melekat pada penerima bantuan untuk mempertanggungjawabkan secara moral dan materil.

Yossi pun menuturkan, untuk tahun 2013 ini, jumlah bantuan yang digulirkan oleh Pemerintah Kota Bandung sekitar 380 M, dan yang hadir pada acara sosialisai lebih dari 300 penerima. “Saya sangat mengapresiasi dan respek terhadap para penerima  yang hadir dan mengikuti sosialisasi hari ini, hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab mereka, “ ujarnya.

Plt. Sekda juga memperkirakan sekitar 20-30 persen dari jumlah penerima bantuan yang belum memahami tata cara pertanggungjawabannya. “mumpung belum semuanya bantuan diberikan, sehingga perlu diberikan pemahaman mengenai tata caranya, seperti hari ini, agar tidak terjadi hal-hal seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.