Dewan Jabar Menilai Masih Banyak Target Realiasi RPJMD OPD Belum Tercapai

28 Januari 2015 / 16:00 Dibaca sebanyak: 501 kali Tulis komentar

BANDUNG LJ – Berdasarkan hasil evaluasi sementara Komisi IV DPRD terhadap beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi mitra Komisi IV, belum menunjukan kinerja yang maksimal dan optimal.  Bahkan cukup banyak target realisasi yang sudah ditetapkan dalam Rencana Program Jangka Menengah  Daerah (RPJMD) oleh SKPD tidak tercapai.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar, H. Daddy Rohanady, beberapa mitra Komisi IV saat mengajukan program dan anggaran luar biasa.  Namun, sebenarnya kalangan anggota Komisi IV menyangsikan akan program yang direncang para SKPD.

Komisi IV mengapresiasi atas program yang diajukan mitra komisi IV dalam APBD 2015, tapi apakah dapat terpenuhi dan terealisasikan sesuai dengan yang telah digariskan dalam RPJMD periode 2013-2018. Karena pada tahun 2014, tidak sedikit program yang sudah disetujui dan dianggarakan oleh DPRD Jabar, nyatanya realisasinya tidak sesuai dengan target yang dicanangkan, ujar Daddy Rohanady saat ditemui wartawan di Gedung DPRD Jabar, kemarin.

Dikatakan, pada  saat Komisi IV melakukan rapat kerja dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar pada Senin (26/1) lalu.

“kita pertanyakan, kenapa banyak program yang dibuat oleh Bappeda dan SKPD terkait, tidak mempu mencapai target.  Sehingga  berdampak terhadap membengkaknya SILPA,” tuturnya.

Dalam raker dengan Bappeda, Komisi IV meminta agar dilakukan singkronisasi antara Bappeda dengan SKPD terkait pada saat penyusunan program dan penganggarannya dengan berpatokan pada RPJMD. Karena, lanjutnya, RPJMD merupakan kerangka acuan bagi SKPD dalam mengimplentasi janji-janji Gubernur saat kampanye.

Menyikapi pertanyaan beberapa anggota Komisi IV, Kepala Bappeda Jabar  Deny Juanda mengatakan, kurang optimalnya implementasi program dari masing-masing SKPD/OPD lantaran kurangnya analisa data secara detail. Sehingga tak jarang program setiap OPD berbenturan dengan Bappeda. (Ihsan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.