Anak Aset Penting Yang Harus Dijaga

24 Juli 2015 / 22:07 Dibaca sebanyak: 553 kali Tulis komentar

BANDUNG LJ – Peran keluarga sangat penting dalam menjaga anak di masa pertumbuhannya. Perhatian dan kasih sayang dari keluarga sangat diperlukan anak.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari saat dimintai tanggapannya mengenai peringatan Hari Anak Nasional . “Dengan hari anak ini, keluarga dan orang tua harus lebih sadar lagi akan pentingnya perhatian kepada anak,” kata Ineu usai menghadiri silaturahmi dan halal bi halal tingkat Provinsi Jabar, di Gedung Sate, Bandung, Kamis (23/7).

Dalam kesempatan itu, hadir Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, unsur pimpinan tingkat provinsi, dan sejumlah wali kota/bupati di Jabar. Ineu menuturkan, berbagai kasus kekerasan terhadap anak yang belakangan ini marak terjadi harus menjadi perhatian semua pihak.

Persoalan tersebut, kata Ineu, tidak akan terjadi jika orang tua dan keluarga menjalankan tugasnya dengan baik dalam merawat anak. “Harus makin digalakkan bentuk perhatian dan kasih sayang ke anak. Keluarga harus saling menjaga. Di antara kita harus memperhatikan tumbuh kembang anak,” katanya.

Peran masyarakat sekitar pun sangat penting untuk menghindarkan anak dari berbagai kasus kekerasan. Selama ini, masyarakat sekitar terkesan cuek sehingga permasalahan yang dialami anak tidak diketahui dengan baik.

“Semuanya, peran ibu, keluarga, masyarakat. Sehingga anak merasa diperhatikan. Tidak kehilangan apa pun yang mereka butuhkan,” pungkasnya.

Ketua P2TP2A Netty Prasetiyani Heryawan mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum penting untuk memberikan ruang nyaman bagi anak. Terlebih, saat ini semakin banyak kasus yang melanda anak-anak.

Netty berharap, pemangku kepentingan bisa lebih serius memperhatikan masalah anak ini. “Dari sisi usia, mereka termasuk kelompok rentan yang membutuhkan perlindungan orang dewasa, baik orang tua, institusi pendidikan, maupun masyarakat di sekitarnya,” katanya. (Ydi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.