Dalam Setahun, 100 Ribu Petani Di Jabar Menghilang

9 Agustus 2015 / 19:45 Dibaca sebanyak: 430 kali Tulis komentar

BANDUNG LJ – Minat warga Jawa Barat untuk bertani terus berkurang. Dalam setahun, sekitar 100 ribu petani di Jabar menghilang.

Anggota Komisi II DPRD Jabar Yunandar Eka Perwira mengatakan, pada 2003 lalu, jumlah petani di Jabar mencapai 4 juta lebih. Namun, pada 2013, jumlah berkurang menjadi 3 juta.”Artinya, dalam setahun petani di Jabar berkurang 100 ribu,” kata legislator dari FPDIP ini kepada wartawan di Bandung, Minggu (9/8).

Lebih lanjut dikatakannya, hal ini pun terjadi di tingkat nasional. Dalam kurun waktu 10 tahun, jumlah petani di Indonesia berkurang sebanyak 5 juta. Menurutnya, hal ini sangat memprihatinkan.Padahal, sektor pertanian sangat penting terlebih jumlah penduduk yang terus meningkat.

“Orang tidak tertarik lagi menjadi petani, walau diberikan insentif seperti dapat traktor, benih, alat menanam, mereka enggan menjadi petani,” katanya seraya menjelaskan, hal ini terjadi karena sektor pertanian tidak memberikan keuntungan yang maksimal. Salah satunya dikarenakan murahnya harga jual produk pertanian lokal.

Oleh karena itu, pemerintah harus menyiapkan sejumlah langkah agar minat masyarakat untuk bertani kembali meningkat. Kesejahteraan petani harus lebih terjamin sehingga harga pangan hasil mereka harus dihargai layak. (Ydi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.