Solusi Atasi Banjir Legislator Usulkan Pembuatan Danau

9 November 2015 / 16:20 Dibaca sebanyak: 495 kali Tulis komentar

BANDUNG LJ – Dalam upaya mencari solusi mencegah terjadinya banjir di kawasan Baleendah dan Dayeu Kolot,Kabupaten Bandung  Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Waras Wasisto mengusulkan kepada pemerintah Pemprov Jawa Barat atau Pemkab Bandung untuk membuat embung atau danau di daerah  tersebut.

Lebih lanjut dikatakan legislator dari FPDIP ini,Jabar itu kering di saat musim kemarau dan banjir saat musim hujan. Sehingga harus ada konsep jangka panjang untuk mengatasi hal tersebut. Contohnya Baleendah atau Dayeuhkolot, kenapa tidak dibuat embung atau danau kecil di sana,ujar wakil rakyat daerah pemilihan Kota Bekasi ini, di Bandung.

Keberadaan embung atau danau tersebut, menurut dia, bisa menjadi tempat penambung air saat musim kemarau dan dapat menampung kelebihan air saat musim hujan di kawasan Balendah serta Dayeuhkolot.

Ia menilai pengerukan Sungai Citarum oleh pemerintah  sebagai upaya pencegahan banjir di kawasan yang dilalui sungai tersebut  memang program bagus namun kurang efekitif karena walaupun sudah dikeruk berkali-kali masih saja terjadi pengendapan atau sedimentasi di dasar sungainya,tuturnya seraya menambahkan dan solusi yang cukup efektif mengatasi masalah banjir di kawasan yang dilalui oleh Sungai Citarum adalah membuat danua kecil atau embung, kata Bendahara DPD PDIP Jabar ini.

Menurutnya pembuatan penampungan air seperti danau atau embung tersebut sudah dilakukan oleh Pemkot Bekasi di kawasan Bekasi Utara.”Jadi di sana ada semacam pemanpungan air lalu dibuat sodetan atau folder air yang mengarah ke Banjir Kanal Timur, Jakarta. Dan ini ternyata dibiayai oleh Pemda DKI Jakarta. (Ydi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.