Pemerintah Harus Memperhatikan Soal Sosial Enginering

23 Maret 2016 / 12:18 Dibaca sebanyak: 613 kali Tulis komentar

BANDUNG LJ – Pemerintah harus memperhatikan Salah satu persoalan sosial enginering yang  mendesak bagi warga terdampak pembangunan Waduk Jatigede, di Kabupaten Sumedang adalah alih profesi, alih mata pencaharian mereka yang   harus segera menjadi rumusan, baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Demikian diungkapkan Anggota DPRD Jabar, Pepep Syaiful Hidayat, kepada Wartawan  di Bandung kemarin.

Diingatkan Pepep, terhadap proyek-proyek pembangunan yang memerlukan relokasi penduduk, selain berkewajiban untuk  mengawal keberhasilan proyek itu sendiri, yang  tidak boleh dilupakan oleh kita adalah bagaimana mengawal perubahan sosialnya.

Perubahan sosial yang tidak terlihat secara kasat mata, seperti  mata pencaharian mereka, interaksi sosial, itu menjadi hal vital yang tidak terlihattetapi signifikan bagi kehidupan dan penghidupan warga.

“Ketika lahan pertanian yang menjadi mata pencaharian mereka   terendam genangan air Waduk Jatigede, yang dituntut warga setempat adalah alih profesi, apa yang harus dikerjakan dengan perubahan kondisi sosialnya  itu,” kata Pepep.

Ditambahkannya, ketika Kawasan Waduk Jatigede menjadi salah satu potensi wisata baru di Jawa Barat, jangan sampai masyarakat sekitar yang terkena dampak Pembangunan Waduk Jatigede, tidak mendapatkan manfaat dari aktivitas tersebut. (Ydi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.