Disdukcapil Kota Bandung “Door To Door” Rekam Data E-KTP

12 Maret 2018 / 20:58 Dibaca sebanyak: 73 kali Tulis komentar

BANDUNG, LJ– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung melaksanakan program perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) langsung ke rumah warga..

Kali ini, petugas mendatangi langsung ke rumah warga kelurahan Cibangkong , Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Sebanyak 24 warga khusus penyandang disabilitas, lansia, dan warga yang sedang sakit keras dihampiri langsung untuk melaksanakan proses perekaman.

Menurut staff Informasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, Suprianto, program perekaman e-KTP door to door tersebut sudah berjalan sejak 2017 lalu. Sampai Maret  2018 ini, sekitar 40% warga sudah dilayani perekaman secara langsung di rumah masing-masing. Tujuannya, mempermudah warga untuk perekaman e-KTP.

“Program ini sebetulnya sudah lama kami lakukan, namun terhitung sejak 2017 tahun lalu kami secara intensif mendatangi ke rumah-rumah warga. Sampai saat ini, kurang lebih 40% warga yang mengajukan permohonan sudah kami layani. Selanjutnya kami akan terus melakukan program ini untuk membantu warga yang kesulitan mendatangi kantor kecamatan,” ujarnya saat ditemui di salah satu rumah warga di kelurahan Cibangkong, Senin (12/3/2018).

Diakuinya, ada beberapa kendala saat perekaman. Di antaranya seperti lansia yang kesulitan berkomunikasi atau penyandang disabilitas dan warga yang sakit juga terkadang sulit saat akan difoto.

“Kita memang mendatangi warga. Apalagi yang kami layani ialah warga khusus. Seperti lansia, penyandang disabilitas dan warga yang sakit. Terkadang sebagian lansia sulit untuk berkomunikasi karena pendengarannya. Begitu juga bagi penyandang disabilitas, kami kesulitan mengaturnya. Kalau warga yang sakit, kami suka tidak tega saat melakukan perekaman,” tambahnya. (/Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.