Program Ngabaso, Diharapkan Tercipta Quality Time Anak dan Orangtua

19 Januari 2019 / 18:16 Dibaca sebanyak: 4 kali Tulis komentar

BANDUNG, LJ – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dewi Sartika mengungkapkan untuk program Ngabring ka Sakolah (Ngabaso), Ike menjelaskan bahwa program yang diluncurkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akrab dipanggil Kang Emil dijelaskan karena terkait dengan hak anak, bagaimana hak anak terpenuhi, tetapi didampingi oleh orangtua.

“Sekarangkan ngobrol itu menjadi sesuatu yang sangat jarang gitu ya, karena ada HP gitu, yang jauh bisa didekatkan, tetapi jangan lupa yang dekat juga bisa dijauhkan,” ungkapnya kepada wartawan yang tergabung di Media Jabar Group kemarin.

Menurutnya, ngabring ka sakolah atau ngabaso diharapkan agar orangtua bisa mengantarkan anak-anak ke sekolah, tetapi tidak usah sampai ke sekolah, sepuluh atau duapuluh menit sebelum sampai ke sekolah, orangtua sudah bisa pulang kembali ke rumah.

Diharapkan pula dengan program Ngabaso adalah terciptanya quality time, atau waktu yang berkualitas antara ibu sebagai pengantar dengan anaknya atau ngobrol seorang anak bersama orangtua dalam perjalanan ke sekolah. Kegiatan ini terang Ike, untuk semua mulai dari tingkat PAUD sampai SMA.

“Jadi disitu, anak bisa bercerita apapun, entah itu keluhan, entah itu keinginan, entah itu harapan dan sebagainya, antara orangtua dan anak,” jelasnya.

Ike juga menjelaskan, ada empat nilai utama yang diinginkan Gubernur Emil dengan adanya program Ngabaso, yaitu kekuatan fisik si anak, kecerdasan akal anak, ahlak dan nilai-nilai spiritual. Mengingat kegiatan tersebut butuh kekuatan fisik yang prima. orangtua juga harus memperhatikan konsumsi makanan bagi anak-anaknya.

“Kalau bahasa dulu 4 sehat 5 sempurna, kalau sekarang B2SA, beragam, bergizi, seimbang dan aman,” ungkapnya.

Program Ngabaso, jelas Ike, juga sangat sejalan dengan program-program inovasi Gubernur Emil yang lainnya, yaitu program Jabar Masagi. (Ihsan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.