Kepala BNPB: Sungai Citarum Terkait Ketersediaan Energi Listrik

22 Februari 2019 / 18:47 Dibaca sebanyak: 54 kali Tulis komentar

BANDUNG, LJ – Manfaat Sungai Citarum sangat banyak, selain airnya sebagai sumber energi listrik yang menghasilkan 200 megawatt listrik juga air Citarum sejauh ini telah mengairi 420 ribu hektare sawah dari Karawang hingga Indramayu.

“Begitu luar biasanya manfaat Citarum, namun jika tidak diperhatikan secara bersama-sama, maka akan memberikan dampak ancaman bagi kelangsungan hidup masyarakat banyak,” papar Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo disela seminar nasional yang bertema “Model Sinergitas Pentahelix – Merawat Alam dan Nitigasi Bencana” di Bandung, Jumat (22/2-2019).

Jika aliran Sungai Citarum bermasalah, maka akan berdampak pada berkurangnya debit air, dan akan dipenuhi limbah. Selain juga akan berimbas pada kekeringan sawah dan ancaman gagal panen yang tentunya akan merugikan bagi para petani.

Manfaat dari persawahan sendiri, sambungnya, jika setiap hektare sawah menghasilkan lima ton padi, maka dari luas 420 hektare sawah bisa jutaan ton padi yang dihasilkan. Ini jika aliran airnya lancar dan terhindar dari limbah.

Ditambahkan mantan Panglima Kodam III/Siliwangi ini manfaat Sungai Citarum pun berkaitan bagi ketersediaan energi listrik. Sebab jika ada gangguan di Citarum maka pasokan listrik Jawa dan Bali akan terganggu.

“Hal yang harus diperhatikan lainnya ialah tentang perawatan waduk. Jika tidak dirawat, maka dam akan dipenuhi limbah yang berpotensi jebolnya DAM. Jika itu terjadi, maka daerah utara terutama Bekasi, akan menjadi korban,” tegasnya.

Untuk itu ia menghimbau, berbagai ancaman bisa dihindari jika semua elemen masyarakat bersama-sama berkerja sama untuk mewujudkan Citarum Harum.

“Jika hanya mengharapkan pemerintah, TNI, dan Polri, maka impian tersebut lama terwujud. Maka dari itu, mari kita bersama-sama dukung dan bekerja mewujudkan Citarum Harum,” pungkasnya. (San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.