DPRD Kota Bogor Konsultasi Soal Mekanisme Pembahasan APBD 2024 ke DPRD Jawa Barat

BANDUNG, LJ – DPRD Jawa Barat menerima kunjungan kerja dari Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor. Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Anggota DPRD Jawa Barat Iwan Suryawan di ruang Banggar DPRD Jawa Barat.

Iwan Suryawan menjelaskan, kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bogor tersebut terkait koordinasi dan konsultasi mekanisme dan teknis pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024, termasuk disinggung soal bantuan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar di 2024 untuk Kota Bogor.

“Iya tadi kami menerima kunjungan kerja dari DPRD Kota Bogor, dari Banggar. Kami membahas mulai dari bagaimana mekanisme dan teknis pembahasan dan kemungkinan pos anggaran yang menjadi bantuan keuangan ke Kota Bogor. Kami memberikan beberapa masukan atau saran untuk teknis atau mekanisme pembahasan kepada Banggar DPRD Kota Bogor,” jelas Iwan Suryawan, Bandung, Selasa (14/11/2023).

Disamping itu kata Iwan Suryawan, dalam pertemuan dibahas pula soal postur APBD 2025 yang diprediksi akan berubah dampak dari implementasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Dalam Perda tersebut terdapat objek pajak yang disesuaikan atau berubah, dan penyesuaian atau perubahan dipastikan berdampak terhadap postur APBD 2025.

Meskipun demikian, Provinsi Jabar sudah melakukan antisipasi terhadap penyesuaian atau perubahan tersebut. Sehingga penyesuaian tersebut tidak akan terlalu berpengaruh signifikan terhadap postur APBD Provinsi Jabar di Tahun Anggaran (TA) 2025.

“Kita sempat bahas soal dampak dari implementasi Perda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, regulasi tersebut banyak mengubah perhitungan. Perhitungannya pun (porsi) lebih besar ke kota atau kabupaten (tidak lagi ke provinsi). Kita sudah mengantisipasinya, semuanya masih sesuai,” kata Iwan Suryawan.

“Itu untuk APBD 2025 (perubahan postur dampak dari Perda PDRD), untuk 2024 kita masih menggunakan yang lama. Tapi kita sudah mengantisipasi untuk kedepannya,” sambungnya.

Selama pertemuan dengan DPRD Kota Bogor pihaknya telah banyak memberikan saran atau rekomendasi terkait teknis dan mekanisme pembahasan APBD 2024 kepada DPRD Kota Bogor. Ia berharap saran dan rekomendasi yang sudah diberikan bisa menjawab semua pertanyaan yang sudah diajukan oleh DPRD Kota Bogor.

Sementara itu sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan kerja yang dilakukannya. Sebelumnya, Atang Trisnanto pun menjelaskan teknis dan mekanisme pembahasan APBD Kota Bogor.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih atas sambutannya. Kami sekarang sedang berproses, sedang membahas APBD 2024. Agenda hari ini, kami ingin koordinasi dan konsultasi terkait teknis dan mekanisme pembahasan APBD 2024. Saya kira begitu,” kata dia. *