Pelaksanaan PON Harus Berinflikasi bagi Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan

BANDUNG LJ Pelaksanaan PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat harus memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakatnya terutama untuk 15 kabupaten/kota yang akan menjadi tuan rumah pertandingan demikian dikatakan Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Yunandar Eka Perwira kepada wartawan di Bandung,Senin (3/8).

Lebih lanjut dikatakan legislator dari FPDIP ini,hajatan PON 2016 harus mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat, terlebih PB PON juga telah menargetkan sukses ekonomi sebagai sasaran utama PON selain sukses prestasi, penyelenggaraan, dan administrasi,tutur politisi muda partai moncong putih ini.

Menurut Yunandar, pemerintah maupun PB PON harus melibatkan masyarakat dalam ajang olahraga ini seperti warga bisa dilibatkan dalam pembuatan atribut dan pernak-pernik PON.”Sebagai contoh ialah boneka maskot PON Mang Surili. Itu seharusnya bisa melibatkan masyarakat. Atau pernak-pernik lainnya,”ujarnya.

Selama ini upaya tersebut belum dilakukan secara serius terlebih upaya untuk menciptakan pasar bagi kreasi masyarakat ini belum diseriuskan.”Jadi tidak ada langkah jangka panjang untuk perekonomian. Harusnya dibangun industrinya. Dan selama ini setiap kegiatan yang dilakukan hanya berdampak jangka pendek saja,” kata dia.

Padahal, lanjut dia, supaya roda perekonomian terpacu, pemerintah pun harus memikirkan jangka panjangnya seperti Inggris dengan sepak bolanya yang dinilai telah berhasil membangun sektor olahraganya namun juga berhasil membangun sektor industrinya. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan