Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkot Agar Permudah Akses Bibit Gratis

Anggota DPRD Kota Bandung H. Sandi Muharram, S.E., mengikuti Kegiatan Tanam Jagung Serentak Kodim 0618/BS, di Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Rabu (3/8/2022). /Humpro DPRD Kota Bandung

BANDUNG, LJ – Anggota DPRD Kota Bandung H. Sandi Muharram, S.E., mendorong Pemerintah Kota Bandung untuk membuka akses kemudahan memperoleh bibit tanaman, bahkan memberikan bibit gratis.

Hal itu menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan maupun kesejahteraan masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Masyarakat kadang memiliki kendala terkait akses maupun biaya, terkait bibit. Maka di sini pentingnya dukungan Pemerintah Kota Bandung yang memiliki anggaran maupun akses,” ujarnya, seusai Kegiatan Tanam Jagung Serentak Kodim 0618/BS, di Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Rabu (3/8/2022).

Menurut Sandi, kegiatan yang digagas oleh Kementerian Pertanian dan Pangdam III/Siliwangi tersebut memiliki tujuan yang positif.

“Kita dari DPRD Kota Bandung menilai kegiatan ini positif dan mengapresiasinya, karena memiliki tujuan besar ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ia berharap agar dinas terkait untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, terutama terkait ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi bagaimana dinas atau Pemerintah Kota Bandung dapat men-support hal tersebut, dan ini menjadi pekerjaan rumah baik bagi eksekutif maupun legislatif,” katanya.

Sandi menjelaskan bahwa Kota Bandung memiliki lahan maupun Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang luas. Lebih jauh, bisa dimanfaatkan sebagai lahan produktif, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Diakuinya bahwa saat ini kondisi perekonomi masih terhambat akibat pandemi Covid-19, ditambah krisis pangan yang terjadi secara global dan dialami oleh penduduk dunia.

“Untuk itu, maka masyarakat yang berinisiatif untuk melakukan penanaman atau upaya ketahanan pangan harus di-support oleh pemerintah daerah,” ujarnya. *