Anggota Komisi II DPRD Jabar Usulkan Petani Mendapat Gaji dan Tunjangan

BANDUNG, LJ – Mengingat  Perlunya menjaga ketahanan pangan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan untuk masyarakat serta tuntutan dalam meningkatkan ketahanan pangan demi terciptanya kemandirian pangan di tengah terus bergeraknya laju pertumbuhan penduduk, anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Yunandar Eka Prawira mengusulkan sebaiknya para petani bila perlu angkat sebagai PNS.

“Para petani beri gaji tetap atau tunjangan. Karena mereka sesungguhnya orang penting, selama ini petani kita tidak sejahtera sehingga minat warga untuk bertani terus berkurang,” ujarnya di Bandung kemarin.

Selain itu, untuk menyiasati terus berkurangnya lahan pertanian menurutnya perlu kreativitas dan perluasan lahan pertanian tidak hanya dilakukan secara horizontal, tetapi bisa juga vertikal seperti yang dilakukan di China dan Thailand.

“Sejauh ini, pemerintah hanya membangun satu kondisi di mana pangan itu tersedia, tanpa mempersoalkan dari mana asalnya. Itu yang membuat kita tidak mandiri pangan,” tandasnya. (Ydi)

Tinggalkan Balasan