Aparatur Desa Perlu Pendampingan

  • Bagikan

BANDUNG LJ – DPRD Jawa Barat meminta pemerintah kabupaten/kota segera menyiapkan petugas untuk melakukan bimbingan teknis bagi aparatur pemerintah desa. Hal ini sangat penting agar dana bantuan desa yang telah diturunkan pemerintah pusat bisa segera disalurkan.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir mengatakan, per 31 Agustus kemarin, pemerintah pusat telah menyalurkan dana bantuan desa ke pemerintah kabupaten/kota di Jabar dengan total Rp 1,5 triliun. Namun, dari jumlah tersebut, baru sekitar 15,48 persen yang disalurkan ke desa.

“Artinya masih banyak desa di Jabar yang belum menerima dana bantuan desa,” kata Syahrir saat dikonfirmasi, Minggu (6/9). Padahal, seharusnya dana bantuan desa itu langsung diserahkan ke desa oleh pemerintah kabupaten/kota, paling lambat tujuh hari setelah masuknya dana ke rekening pemerintah kabupaten/kota.

Syahrir menjelaskan, hal ini sangat memprihatinkan karena berimbas tidak maksimalnya pembangunan di desa. Padahal, di tengah kondisi perekonomian yang melemah, seharusnya dana tersebut menjadi harapan besar bagi masyarakat desa.

“Harusnya dana bantuan desa ini jadi ujung tombak pembangunan di desa,” katanya. Maka dari itu, Syahrir kembali menegaskan, pemerintah kabupaten/kota harus segera menerjunkan petugas untuk memberikan pelatihan bagi aparatur desa, terutama terkait penyusunan anggaran pendapatan dan belanda desa (APBDes). (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan