Bandung Kembali Sabet Wahana Tata Nugraha

  • Bagikan

SETELAH tahun 2011 menerima Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) bidang angkutan dan lalu lintas, kemudian tahun 2012 dan 2013 bidang angkutan, di tahun 2014 ini Kota Bandung kembali meraih Piala WTN bidang angkutan dan lalu lintas kategori Kota Metropolitan.

Penghargaan diterima oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil yang diserahkan oleh Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan, pada acara pemberian penghargaan dan pembukaan pameran transportasi di gedung SMESCO, Jakarta, Rabu (10/09). Kota Bandung dinilai berhasil, dalam upaya membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan transportasi perkotaan.

Seusai menerima penghargaan Wali Kota Bandung mengucapkan syukur atas keberhasilan tersebut. Karena piala WTN tersebut diraih atas dua bidang yaitu bidang angkutan dan lalu lintas. Lebih lanjut M. Ridwan Kamil juga berharap atas penghargaan yang diraih tersebut, dapat lebih memotivasi lagi perbaikan di bidang transportasi dan angkutan.

“Ada tidak ada penghargaan perbaikan pelayanan kita terus tingkatkan, apabila dapat apresiasi berupa penghargaan ya, alhamdulillah,” ujar Ridwan Kamil. Wali Kota juga berharap ke depannya semakin banyak warga yang menggunakan transportasi umum. Untuk itu Pemkot Bandung telah dan akan melakukan berbagai upaya untuk perbaikan pelayanan transportasi umum.

“Dalam waktu dekat akan ada 30 bus Damri baru menggantikan bus-bus damri yang sudah tidak layak jalan, ” jelasnya. Tadinya menurut Ridwan Kamil dirinya meminta bantuan agar mendapatkan sekitar 100 bus baru, tetapi baru di beri 30. sisanya akan terus diupayakan menurutnya.

Selain bus damri yang baru, ke depan untuk perbaikan transportasi umum, akan dilakukan persiapan lelang monorail. Sebagai wali kota yang diberi waktu memimpin selama lima tahun, dirinya merasa cicilan untuk memperbaiki Bandung masih belum lunas, apalagi baru satu tahun menjabat. Tetapi menurutnya dirinya akan terus berupaya untuk memperbaikinya.

“Salah satu perbaikan transportasi umum yang kemudian menjadi inspirasi bagi daerah lain adalah, senin dan kamis gratis bagi pelajar yang naik bis damri,” jelasnya. Kedepannya, Ridwan Kamil juga berencana bus damri yang digunakan akan dilengkapi dengan wifi. “Perbaikan untuk pelayanan kepada masyarakat akan terus kita perbaiki,” pungkasnya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi setelah diraihnya penghargaan tersebut, diharapkan masyarakat juga dapat berlalu lintas dengan baik, dan mematuhi aturan yang ada, sehingga tidak menyebabkan pelanggaran. Selain itu, Ricky juga akan terus melakukan konsolidasi ke dalam agar dapat memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat mengenai transportasi. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan