Belanda Hibahkan Rp 70 Miliar Guna Optimalkan Air Bandung

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Pemerintah Kota Bandung mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 70 Miliar untuk meningkatkan kapasitas pasokan air minum. Dana hibah dari Belanda ini juga akan digunakan untuk mengoptimalkan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung.

“Secara resmi kita mendapat hibah, nilainya 4,6 juta euro,” ungkap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Bandung Command Center (BCC), Jumat (9/10).

ridwankamiwalikotaisiRidwan mengatakan, dana hibah sebesar 4,6 juta euro atau sekitar Rp 70 miliar ini rencananya akan digunakan untuk menambah infrastruktur penunjang pelayanan terkait penyaluran air di Kota Bandung. Salah satunya ialah pipa sumber air.

Selain itu, dana hibah yang berasal dari PDAM Belanda, LSM Belanda dan Pemerintah Belanda tersebut akan dimanfaatkan untuk melakukan alih teknologi. Alih teknologi ini memungkinkan PDAM Tirtawening untuk mengurangi kebocoran air ilegal.

Program bantuan ini akan berlangsung selama tiga tahun. Dengan adanya bantuan dana ini, Ridwan berharap ada peningkatan persentase pelayanan terkait urusan air kepada warga Kota Bandung. Pasalnya, perusahaan air Belanda yang akan turut membantu Kota Bandung, Vitens Evides International, merupakan perusahaan terbaik yang memiliki program meningkatkan kualitas perusaahan air di dunia. (san)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan