Bencana Terjadi Karena Kesalahan Tata Ruang

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Bencana alam yang terjadi saat ini di daerah Jawa Barat. Hal tersebut diakibatkan oleh alam dan tangan manusia itu sendiri karena ekosistem alam di hancurkan sehingga tidak terjadi keseimbangan alam seperti penebangan pohon serampangan hal ini dapat menyebabkan terjadinya erosi yang mana permukaan tanah tidak dapat menyerap air hujan sehingga menyebabkan banjir.

Sebagaimana pernyataan Walhi Jabar soal kesalahan tata ruang yang menyebutkan banyak lahan-lahan dijadikan perumahan dan pabrik padahal terpat tersebut merupakan daerah tanggapan air dan kawasan hijau.

Menyikapi hal itu Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Ali Hasan mengatakan bahwa realitanya memang seperti itu. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak pelanggaran alih fungsi lahan di lapangan.

“Walhi Jabar pernah mengatakan bahwa bencana yang terjadi selama tahun 2016 ini diakibatkan oleh salahnya tata ruang. menyikapi itu kami selalu terkendala dengan urusan hukum. Padahal, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sudah jelas ada, bahkan beberapa Kota maupun Kabupaten di Jabar juga sebagian ada yang sudah memiliki dan sisanya masih dalam proses,” ujarnya kepada wartawan di gedung dewan jalan Diponegoro no 27 kota Bandung kemarin. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan