DPRD Jabar: Kasus Angeline Momentum Perlindungan Anak

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Kasus pembunuhan yang menimpa anak perempuan di Denpasar, Bali, Angeline, menjadi momentum bagi semua lapisan masyarakat tentang pentingnya perlindungan terhadap anak, kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari di Bandung.Senin (15/6).

Menurut Ineu, banyak sekali hikmah yang bisa diambil oleh kita semua dari kasus Angeline kemarin. Kasus ini seolah menjadi pengingat bagi kita semua tentang perlindungan terhadap anak. Lebih lanjut dikatakannya, regulasi hukum yang ada di negara ini terhadap perlindungan anak sudah bagus mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah hingga peraturan daerah. “Namun meskipun detail hukumnya sudah bagus, kasus kekerasan terhadap anak masih saja tetap ditemukan termasuk di Jabar,” kata dia.

Dikatakan dia, sekolah juga berperan dalam perlindungan anak disamping peran dari keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar. “Kalau terjadi sesuatu yang tidak beres, guru harus tanggap apakah murid-murid membutuhkan pertolongan,” kata dia.

Menurut dia, seorang guru harus diberi semacam “kewenangan” untuk selamatkan anak dalam bentuk apapun jika terjadi tindak kekerasan terhadap anak atau muridnya.”Dan dibutuhkan sebuah regulasi dari pemerintah untuk mewujudkan hal ini,” kata dia. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan