DPRD Jabar Setujui Usulan Fraksi Partai Demokrat Soal Penambahan Pimpinan

  • Bagikan

BANDUNG, LJ – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat menyetujui usulan Fraksi Partai Demokrat DPRD Jabar untuk menambah unsur pimpinan dewan yang semula 5  yang terdiri dari 1 Ketua dan wakil menjadi 6 pimpinan.

Persetujuan atas usulan tersebut dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD Jabar dengan agenda pengumuman dan penetapan usulan calon Pimpinan DPRD Jabar Definitif 2019-2024, yang dipimpin Ketua Sementara DPRD Jabar, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat (FPGerindra) didampingi Wakil Ketua Sementara Tetep Abdulatif (FPKS). Bertempat di gedung DPRD Jabar Jl. Diponegoro 27 Bandung, Selasa (17/9/2019).

Ketua Sementara DPRD Jabar, yang memimipin Rapat Taufik Hidayat (Fraksi Gerindra) yang  didampingi Wakil Ketua Sementara Tetep Abdulatif (Fraksi PKS) menyebutkan penambahan pimpinan DPRD Jabar memungkinkan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Disebutkan, merujuk pada PP 12/2018 terutama pada Pasal 11, antara lain; Ayat 1 (a) : Pimpinan DPRD terdiri dari atas 1 orang Ketua dan 4 orang Wakil Ketua untuk DPRD Provinsi yang beranggotakan 85 sampai 100 orang.

Dan pada Ayat 2, disebutkan sebagaimana yang dimaksudkan pada Ayat 1(a) berasal dari Parpol yang memperoleh urutan kursi terbanyak di DPRD Provinsi.

Penambahan  diusulkan karena pada periode ini jumlah anggota dewan bukan lagi 100 orang tapi 120 anggota dewan.

“Jadi, ya, kemungkinan ditolak, kemungkinan diluluskan (oleh Kemendagri), Namun, kita berharap, agar usulan ini dapat persetujuan dari Mendagri,” harapnya usai paripurna kepada wartawan.

Keenam nama yang jadi usulan sebagai pimpinan dewan  tersebut adalah, Taufik Hidayat dari Partai Gerindra (Ketua), Achmad Ru’yat dari PKS (Wakil Ketua), Ineu Purwadewi Sundari dari PDI-P (Wakil Ketua), Ade Barkah Surahman dari Partai Golkar (Wakil Ketua), Oleh Soleh dari PKB (Wakil Ketua), dan Irfan Suryanagara dari Partai Demokrat (Wakil Ketua). (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan