DPRD Jabar Usulkan Pemerintah Pusat Aktifkan Kembali Jalur Kereta Api Jatinangor-Ciwidey

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Kalangan DPRD Jawa Barat mengusulkan pemerintah pusat mereaktivasi jalur kereta api yang menghubungkan Jatinangor-Ciwidey. Jalur kereta api yang sudah lama mati ini dinilai memiliki potensi yang besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Jabar Abdul Harris Bobihoe mengatakan, potensi pertanian akan meningkat dengan adanya jalur KA tersebut.

“Persoalan sekarang adalah bagaimana membawa hasil pertanian dari ujung Ciwidey dan gunung-gunung. Itu akan sulit kalau melalui mobil karena biayanya besar, kalau dengan kereta api bisa lebih ekonomis,” kata Bobihoe di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Kamis (18/2).

Selain itu, reaktivasi jalur kereta api Jatinangor-Ciwidey pun akan mendorong potensi wisata di sekitarnya. Sebab, hadirnya kereta akan meningkatkan pergerakan manusia.

Bobihoe menambahkan, DPRD Jabar telah melakukan pendataan jalur-jalur kereta api mati yang layak diihidupkan kembali, salah satunya jalur Jatinangor-Ciwidey. Bahkan diterangkannya, pihaknya sudah berkunjung langsung ke lokasi. Dari hasil pantauan, jalur itu harus diaktifkan kembali. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan