DPRD Minta Semua Pihak Lancarkan Arus Mudik-Balik Lebaran

  • Bagikan

BANDUNG LJ – DPRD Jawa Barat meminta peran semua pihak turut serta dalam melancarkan arus mudik lebaran. Hal ini sangat penting mengingatkan peliknya permasalahan yang terjadi dalam setiap momentum pulang kampung ini.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Waras Wasisto, mengatakan, perlu adanya perhatian dari semua pihak terkait keamanan pengguna jalan. Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus bersama-sama membenahi keamanan jalur mudik termasuk jalan tol.

Terlebih, belakangan ini marak terjadi kecelakaan di jalan tol Cikopo-Palimanan. “Kita khawatir, korban terus terjadi. Ini perlu perhatian semua pihak, ini tanggung jawab kita bersama,” kata Waras di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Selasa (7/7).

Tidak hanya di jalan tol Cipali, Waras menilai, marka jalan di jalur mudik lainnya pun masih harus dilengkapi. Terutama di jalur-jalur yang banyak dilalui pemudik seperti Nagreg dan jalur utara.

“PJU masih kurang, rambu-rambu tanda kondisi jalan. Ini harus jadi perhatian semua pihak, baik pusat, provinsi, dan kabupaten. Termasuk pihak swasta,” katanya.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar meminta pengelola jalan tol Cikopo-Palimanan segera melengkapi marka jalan di jalan tol terpanjang se-Indonesia ini. Hal tersebut seiring maraknya kecelakaan di jalan bebas hambatan yang belum lama beroperasi ini.

Menurut Deddy, penambahan marka jalan ini pun menjadi catatan saat dirinya mengikuti rapat koordinasi dengan pemerintah pusat baru-baru ini. Selain harus memperbanyak rambu-rambu lalu lintas, di jalan tol Cipali harus diperbanyak efek kejut untuk mengingatkan pengemudi jika mengantuk. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan