Ineu: Masyarakat Harus Ikut Pantau Proses DPS dan DPT

BANDUNG, LJ – Menyoal persoalan pendataan jumlah pemilih, Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari meminta pihak penyelenggara KPU dan Bawaslu serta Pemerintah Daerah, untuk benar-benar memperhatikan persoalan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Saya mohon perkara DPS terus diperbaiki jangan sampai masih ada masyarakat yang tidak terdata, sehingga tidak dapat menggunakan hak pilihnya,” tegasnya kemarin.

Ineu menambahkan, masyarakat juga harus terus memantau proses Daftar Pemilih Sementara DPS dan DPT, guna memastikan haknya tercatat dengan baik. Ia mengingatkan agar jangan sampai ada persoalan setelah DPS ditutup.

Selain itu, KPU beserta seluruh stakeholder bertanggung jawab dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yang berimbas pada menurunnya jumlah masyarakat yang tidak memilih (golput). Terlebih KPU bersama stakeholder lainnya termasuk Bawaslu bertugas untuk memberikan sosialisasi semaksimal mungkin, sehingga tingkat partisipasi masyarakat menjadi naik. (Herdi)

Tinggalkan Balasan