Kerusakan Lingkungan Penyebab Terjadinya Bencana Di Jabar

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Kerusakan lingkungan semakin diyakini menjadi penyebab terjadinya berbagai bencana di Jawa Barat, belakangan ini. Hal ini terjadi karena semakin massifnya pelanggaran hukum lingkungan yang seakan dibiarkan seperti alih fungsi hutan lindung menjadi tanaman sayur di Kabupaten Garut.

Menyikapi itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jabar Daddy Rohanady menilai, permasalahan tersebut sering dianggap remeh oleh sebagian besar masyarakat. Padahal, ulah mereka menjadi penyebab terjadinya kerusakan lingkungan dan bencana alam.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah turun tangan untuk mengatasi persoalan tersebut. Pemerintah bisa memberi informasi lebih jauh kepada masyarakat terkait potensi terjadinya bencana jika hutan dialihfungsikan.

“Kerusakan lingkungan yang terjadi di hulu menjadi wilayah pemerintah,” kata Daddy di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Kota Bandung, Senin (17/10). Namun, Daddy pun mengingatkan bahwa menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggungjawab semua pihak termasuk masyarakat terutama di sekitar kawasan hulu. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan