Komisi IV DPRD Jabar Apresiasi Revitalisasi Pelabuhan Cirebon

  • Bagikan
BANDUNG LJ – Wakil rakyat dari Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady memberikan apresiasi pelaksanaan proyek revitalisasi pelabuhan Cirebon ,dengan anaganya perluasan pelabuhan yang tadinya 150 meter menjadi 1 KM,semula lajur 5 M menjadi 14 M dan lebar dari 5 M menjadi 100 M ini akan membawa daya ungkit ekonomi terhadap daerah Cirebon,kata legislator dari Gerindra ini kepada wartawan di Gedung Dewan  Jalan Diponegoro no 27 kota Bandung, Senin (22/6).
Lebih lanjut dikatakan Daddy  menurut Direktur Utama PT. Pelindo II, RJ Lino pelaksanaan proyek revitalisasi pelabuhan Cirebon sudah bisa dimulai di kuartal IV atau dibulan Oktober 2015 nanti .
Dia menambahkan, infrastruktur akses jalan ke pelabuhan juga disiapkan. Pihaknya merencanakan akses jalan langsung dari pelabuhan Cirebon ke Tol Kanci. “Jalan itu bukan jalan tol. Tapi jalan itu jalan akses ke Pelabuhan yang nanti nyambung ke jalan tol,”jelasnya.
Dunia usaha mengapresiasi positif terhadap rencana revitalisasi pelabuhan Cirebon oleh PT. Pelindo II yang akan dimulai tahun 2015 ini. Selain infrastruktur jalan, sarana pendukung lainnya seperti peralatan, Container Yard dan sebagainya juga disiapkan. Nantinya, pelabuhan Cirebon akan dijadikan sebagai salah satu pelabuhan andalan kegiatan ekonomi Indonesia.
Ditambahkannya sekitar 5.000 box container ekspor impor per bulan dari berbagai industri di Cirebon dan di wilayah Jawa Barat siap meramaikan pelabuhan Cirebon jika fasilitasnya memungkinkan untuk kegiatan mereka. Tentunya dengan tarif yang kompetitif.demi meningkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan logistik nasional serta memberikan nilai tambah secara sosial ekonomi,” katanya.
Selain itu keuntungan dari revitalisasi pelabuhan Cirebon buat Jabar adalah,pengungkit ekonomi wilayah III Ciayumajakuning dan mengurangi cost reduksi dari daerah Jawa Tengah dan Timur,mengginggat selama ini arus barang melalui darat 90% dan laut hanya 9%,. (Ydi)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan