Lantik 453 Anggota PPS, KPU Kota Bandung Siap Sukseskan Pemilu 2024

KPU Kota Bandung melantik sebanyak 453 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Bandung di Youth Centre Sport Arcamanik Kota Bandung, Selasa (24/1/2023)

BANDUNG, LJ – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung melantik sebanyak 453 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Bandung.

Pelantikan sekaligus apel gelar pasukan tersebut sebagai upaya dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

Pelantikan sendiri dilaksanakan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 534 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubemur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Selanjutnya, para PPS yang baru dilantik ini akan bertugas di 151 kelurahan di Kota Bandung.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kota Bandung Suharti menyampaikan, PPS yang dilantik telah menyatakan pakta integritas untuk siap menyelenggarakan Pemilu untuk tegaknya demokrasi di Kota Bandung.

“Pelantikan hari ini menjadi momen awal buat PPS menyatakan pakta integritas tadi, siap menyelenggarakan pemilu dengan segala konsekuensinya, tentunya mengedepankan kemandirian, imparsialitas dan integritas yang tinggi, tegaknya demokrasi di Kota Bandung, untuk memilih pemimpin lima tahun ke depan, dan wakil rakyat lima tahun ke depan,” kata Suharti kepada awak media di Youth Centre Sport Arcamanik Kota Bandung, Selasa (24/1/2023).

Suharti menyampaikan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) diperkenankan menjadi PPS. Menurutnya hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, dan Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022.

“Dan itu sudah dipertegas kembali dengan surat edaran mendagri tanggal 30 desember 2022, selama mendapat izin dari atasan, ASN boleh menjadi petugas penyelenggara, baik PPK, PPS, atau ke depan di KPPS,” pungkasnya. (Zaen)