Luncurkan Dua Aplikasi Layanan Pajak, Warga tak Perlu Repot Datang Ke Disyanjak

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Dua Aplikasi layanan pajak diantaranya PBB Go Public, SMS Gateway serta layanan bus keliling kerjasama dengan BPN segera diluncurkan oleh Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak) Kota Bandung. Dengan adanya aplikasi tersebut masyarakat tidak perlu lagi repot datang ke kantor Disyanjak untuk mendapatkan layanan pajak yang dibutuhkan, tetapi cukup menggunakan PC maupun smartphone.

Sejauh ini berdasarkan catatan dan data Disyanjak, lebih dari sekitar 30 ribu orang datang ke kantor pelayanan pajak itu guna mendapatkan data serta informasi terkait pajak. Maka dengan adanya layanan ini diharapkan dapat mengurangi hingga sepertiga jumlah orang yang datang ke kantor.

20160530_121646“Ada dua aplikasi yang akan diluncurkan yakni PBB Go Public dan SMS Gateway. Untuk aplikasi PBB Go Public ini dibuat untuk memudahkan masyarakat terkait pelayanan PBB (Pajak bumi dan bangunan) seperti menghitung besaran PBB, NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) dan tagihan lainnya terkait PBB,” ujar Kadisyanjak Kota Bandung Ema Sumarna saat konfrensi pers di Kantor Disyanjak, Senin (30/05).

Dikatakannya, PBB go public ini untuk lebih mempermudah kualitas layanan bagi masyarakat. Selain pula, sambung Ema, untuk meningkatkan kesadaran serta memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat terkait pelayanan berbasis aplikasi ini.

Hal demikian diharapkan, dapat meningkatkan pula kesadaran atas pentingnya pajak daerah di kalangan dan meningkatkan pendapatan bagi Pemerintah Kota Bandung yang pada 2016 ini ditargetkan mencapai angka fantastis. Sehingga, dengan adanya layanan aplikasi ini diharapkan dapat terus menggenjot target perolehan pajak daerah tahun 2016 ini sebesar Rp 2.186 triliun.

Selain itu lanjut Ema, adapun untuk layanan SMS Gateway dibuat untuk seluruh mata pajak yang ada baik official asses seperti PBB, air tanah dan reklame maupun self asses seperti pajak hotel, restoran, hiburan, parkir, PPAT, dan pajak penerangan jalan.

“Layanan SMS Gateway ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengaduan dan konsultasi pajak. Nanti Ada petugas yang menangani semua mata pajak,” ujarya. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan