Nasib Warga Jatigede Harus Jadi Prioritas

  • Bagikan

BANDUNG LJ – DPRD Jawa Barat berharap penggenangan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang tidak menyisakan persoalan bagi masyarakat. Hal ini harus menjadi perhatian utama karena bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana mengatakan, pihak terkait harus sering berkoordinasi dalam mengatasi permaslahan-permasalahan pasca penggenangan.

“Harus komprehensif antara Pemkab Sumedang dan Pemprov Jabar,” kata Haris, Selasa (8/9).

Haris menilai, pasca penggenangan ini tidak semua warga direlokasi dengan baik. Sehingga, ini perlu dikoordinasikan sebaik mungkin.

DPRD Jabar, kata Haris, siap mendorong segala sesuatu yang diperlukan terkait hal itu. “Pada prinsipnya pemprov siap membantu apapun yang dibutuhkan Pemkab Sumedang. Dan DPRD Jabar siap mendorongnya,” katanya.

Haris menyebut, Pemprov Jabar sejauh ini fokus terhadap penanganan tersebut. Terlebih, upaya ini dilakukan dalam membantu relokasi warga.

“Penanganan yang dilakukan untuk masyarakat yang terkena dampak penggenangan sudah dilakukan secara maksimal dengan melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI/Polri,” katanya.

Ketua Komisi V DPRD Jabar Agus Welianto Santoso mengatakan, pihaknya selalu mendorong penuntasan relokasi warga. Bahkan, lanjutnya, pihaknya sudah menginisiasi pertemuan antara Pemkab Sumedang dengan Pemprov Jabar untuk membahas relokasi. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan