Partisipasi Kaum Perempuan Harus Didukung

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Tingkat partisipasi kaum perempuan dalam pembangunan di berbagai bidang diharapkan terus meningkat. Terlebih, saat ini jumlah perempuan yang memiliki kompetensi baik terus bertambah.

Anggota DPRD Jawa Barat Dede T. Widarsih berharap, semakin banyak kaum perempuan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Selain akan menguntungkan kaum perempuan itu sendiri, keterlibatan perempuan diyakini mampu meningkatkan kualitas pembangunan.

Sebagai contoh, Dede menyebut kaum hawa ini memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar. Sehingga, setiap tugas yang dibebankan akan dilakukan sebaik mungkin.

Selain itu, Dede menilai, perempuan pun memiliki rasa takut yang besar terhadap perbuatan salah dan melanggar hukum. “Sehingga Insha Alloh tidak akan ada uang yang disembunyikan,” kata Dede di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Selasa (21/4).

Oleh karena itu, Dede berharap, perempuan diberi ruang yang lebih banyak lagi dalam menyalurkan kemampuan dan peran serta. “Banyak tempat, seperti di politik pemerintahan, instansi swasta, maupun lainnya, di mana perempuan itu menjadi pengambil kebijakan,” ujarnya.

Bahkan, Dede meminta agar kuota perempuan di parlemen terus ditambah. Jika saat ini hanya 30 persen syarat keterwakilan perempuan di parlemen, Dede berharap jumlahnya terus ditambah.”50 persen. Atau kalau bisa lebih banyak. Kenapa enggak, kan jumlah (penduduk) perempuan ini lebih banyak,” katanya. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan