Pemerintah Ditantang Atasi Urbanisasi

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Persoalan urbanisasi di Jawa Barat dinilai sudah memprihatinkan. Hal ini terlihat dari kepadatan penduduk di sejumlah wilayah perkotaan.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar, Yomanius Untung mengatakan, persoalan tersebut terjadi karena tidak meratanya pertumbuhan ekonomi di Jabar. Pertumbuhan ekonomi di Jabar masih terpusat di sejumlah kota besar seperti Bandung, Bogor, dan Bekasi.

“Urbanisasi tidak bisa dielakan selama terjadi ketimpangan ekonomi. Pembangunannya tidak merata,” ujar Untung di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Rabu (8/7).

Untung menilai, masyarakat pedesaan kehilangan harapan jika selamanya tinggal di desa. Pasalnya, desa identik dengan bidang pertanian dan dipandang tidak bisa memberi kehidupan yang layak bagi warga. Selain itu, kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menekan urbanisasi tidak ada. Pembangunan hanya dilakukan terpusat di beberapa daerah.

“Urbanisasi ini berangkat dari daerah pertanian ke daerah industri. Selama kebijakannya tidak mampu mencukupi titik ekonomi baru, memang (urbanisasi) akan terus terjadi,” paparnya. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan