Pengurusan Administrasi Kependudukan Gratis

  • Bagikan

BANDUNG (LJ) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung Popong W Nuraeni mengatakan,”Anda ingin menjadi penduduk Kota Bandung ? Tak akan dipersulit asal membawa surat pindah dari daerah bisa diproses secara gratis. “Semua biaya adminitrasi kependudukan di Kota Bandung gratis asal memenuhi syarat dan tidak terlambat melapor,” tuturnya pada wartawan di Balai Kota jalan Wastukencana no 2 Kta Bandung, Kamis (29/5).

Popong mengatakan, warga luar Kota Bandung yang ingin tinggal di Kota Bandung cukup membawa pindah dari daerah asal dan melapor tak lebih dari 15 hari setelah kedatangannya di Bandung. “Membuat kartu keluarga baru jadi warga Kota Bandung tak ada biaya apa pun,”ujarnya.
Lebih lanjut Popong mengatakan, tak hanya kartu keluarga dan KTP yang gratis tapi akte lahir pun gratis. “Akte kelahiran yang bisa dibuat hanya yang memiliki kartu keluarga Kota Bandung,” jelasnya.
Menurutnya sebelum akte kelahiran berdasarkan tempat melahirkan misanya warga Surabaya melahirkan di Bandung maka akte kelahiran bisa dibuat di Bandung. Tapi mulai tahun ini akte kelahiran harus berdasarkan domisili. “Anak lahir di Jayapura atau Kalimantan dan daerah lainnya tapi orangtuan tinggal di Bandung maka akte kelahiran bisa dibuat di Kota Bandung,” ujar Popong.

Ditamabhkannya,Akte lahir gratis bagi anak yang lahir tidak lebih dari 60 hari kalau lebih dari 60 hari baru dibuat maka didenda Rp 100 ribu. “Jika ingin gratis begitu lahir segera buat akte lahir,” pungkas Popong. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan