Perencanaan Pembangunan Harus Terintegrasi

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Pelaksanaan Musrenbang Jawa Barat 2017 harus berorientasi kepentingan masyarakat. Pembangunan yang dilakukan harus mampu menuntaskan berbagai persoalan yang dialami masyarakat.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari menyontohkan, kualitas pembangunan di bidang pendidikan harus ditingkatkan. Berbagai kebutuhan akan hal itu harus bisa dipenuhi oleh pemerintah.

Terlebih, alih kelola SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke provinsi efektif diberlakukan tahun depan. Oleh karena itu, Ineu meminta Pemprov Jabar memerhatikan kualitas infrastruktur pendidikan. Selain itu, kualitas tenaga pendidik pun harus ditingkatkan.

“Daya tampung siswa pun harus jadi priotas. Artinya perlu dibangun ruang kelas baru,” kata Ineu saat menghadiri Musrenbang Jabar 2017, di Bandung kemarin.

Selain pendidikan, Ineu menyebut sejumlah hal lain yang menjadi prioritas. Kesehatan, daya saing masyarakat, hingga kualitas lingkungan hidup menjadi hal yang tidak bisa dikesampingkan. “Semuanya perlu jadi perhatian,” katanya.

Tidak hanya itu, Ineu pun menyebut pentingnya perbaikan tata kelola birokrasi. Sebab, para abdi negara ini merupakan ujung tombak dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap, musrenbang menghasilkan kemajuan yang terarah agar pembangunan bisa dirasakan bersama-sama. Maka dari itu, menurutnya perencanaan pembangunan harus dirumuskan secara matang. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan