Prihal Bencana, Utamakan Urusan Kemanusiaan

BANDUNG, LJ – Anggota DPRD Jabar, Gatot Tjahyono menilai Jawa Barat termasuk daerah merah dari begitu tanggap bencana tapi antisipasi dalam pendanaannya sangat rendah. Penanganan bencana kesannya lambat dan harus didorong bagaimana bisa secepatnya berbeda bila terkait dengan antisipasi longsor yang menutupi jalan, relative lebih cepat.

“Ketika ada longsoran tanah butuh mobilisasi alat berat dan lainnya, ini justru menurut saya agak kurang sigap. Seharusnya hal-hal seperti itu justru lebih mudah, karena bisa diantisipasi dengan adanya alat berat buat yang standy atau mudah sekali dimobilisasi untuk bantuan secepatnya,” ujarnya Gatot kepada wartawan di Bandung kemarin.

Berbeda dengan soal kemanusiaan atau korban bencana yang memerlukan perhatian khusus sebab bukan hanya memikirkan lokasi pengungsian tetapi kelayakan makanan serta pakaian guna mencegah timbulnya masalah baru seperti terjangkit penyakit.

“Maka itu, urusan kemanusiaan harus menjadi prioritas dan dipermudah dalam masalah anggaran dan tidak dipersulit. Seperti adanya dana onecall,” terangnya.

Ia lebih setuju bila mengutamakan urusan kemanusian, sebab ia menilai hal itu menyangkut nyawa manusia dan dampak yang lebih luas lagi bila tidak tertangani secara cepat. (Herdi)

Tinggalkan Balasan