Tidak Mudah Upaya Pemprop Beserta DPRD Jabar Dalam Wujudkan BIJB

  • Bagikan

BANDUNG, LJ – Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD Jabar sudah berupaya dalam mewujudkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Kita telah lakukan semaksimal mungkin hingga tidak mudah, apalagi sudah menghabiskan anggaran ratusan milyar dari APBD Jabar. Mulai dari pembebasan lahan, pembangunan sarana-prasarana sampai pembangunan infrastruktur penunjang,” sesalnya menanggapi pihak manajemen Citilink menghentikan sementara tiga rute penerbangan Kertajati- Medan; Kertajati-Denpasar dan Kertajati-Palembang, Selasa (30/7/2019).

Diakui, sampai saat ini infrastruktur penunjang kelancaran transportasi darat menuju dan dari BIJB Kertajati masih menggunakan Tol Cipali karena Tol Cisumdawu belum juga tuntas.

Dikatakan, Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang panjangnya mencapai 60,47 KM, saat ini kendalanya karena seksi IV, V dan VI saat ini masih dalam proses pembebesan lahan. 

“Jadi mana mungkin dilakukan pembangunan fisik, wong pembebasan lahannya aja belum beres,” tegasnya.

Kendati demikian, DPRD Jabar sudah beberapa kali meminta pihak Pemprov Jabar dan Kementerian PUPR agar dapat mempercepat pembebasan lahan dan pembangunan Tol Cisumdawu. Karena ia menilai semakin cepat selesainya Tol Cisumdawu, tentunya sangat mendukung kelancaran transportasi darat atas keberadaan BIJB Kertajati. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan