Walikota Istruksikan Pegawai Ketenagakerjaan Turun Ke Perusahaan

  • Bagikan

CIMAHI LJ – Pemerintah Kota Cimahi mengelar upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3) di Lapangan Komplek Pemkot Cimahi Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (17/2) sekaligus dirangkaian dengan Hari Kesadaran Nasional.

Peringatan hari K3 Nasional yang mengambil tema “Melalui Penerapan Sistem Manajemen K3 Mewujudkan Indonesia Berbudaya K3 dalam menghadapi Perdagangan Bebas” ini, dinilai sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3.

Wali Kota Cimahi, Hj. Atty Suharti mengintruksikan seluruh pengawai ketenagakerjaan untuk turun langsung ke setiap perusahaan yang ada di Kota Cimahi.lakukan pengawasan dengan benar dan berikan tindakan tegas kepada perusahaan yang melanggar aturan ketenagakerjaan,” katanya.

Lanjut Atty, pelaksanaan kegiatan K3 tidak hanya menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja serta orang lain yang berada di tempat kerja, tetapi juga bagaimana pihaknya dapat mengendalikan risiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Ia menambahkan, tujuan itu akan terlaksana apabila seluruh manajemen, serikat pekerja/serikat buruh dan tenaga kerja/buruh bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Dalam rangka mendorong terlaksananya perlindungan K3, maka upaya yang paling tepat dalam menerapkan K3 adalah melalui penerapan sistem manajemen K3 sebagaimana amanat Pasal 87 Undang-undang Nomor 13 tahun 2003. tentang pedoman penerapan sistem manajemen kerja yang diatur dalam peraturan pemerintah Nomor 50 tahun 2012,” terangnya.

Walikota berharap semuanya dapat memahami makna yang diusung dalam peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional 2015 ini dan berusaha untuk mengaplikasikannya di Kota Cimahi,pungkas Atty. (Ly)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan