Yunandar: Seharusnya Pemerintah Pusat, Provinsi Harus Mendorong Daerah Tingkatkan Produksi Pangan

BANDUNG, LJ – Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Yunandar Eka Prawira mengatakan, dalam rangka menjaga ketahanan pangan, seharusnya pemerintah pusat, provinsi harus mendorong daerah untuk dapat meningkatkan produksi pangan.

“Selama ini pemprov Jabar dalam menjaga ketahanan pangan tergolong pasif dan pemerintah hanya berupaya memenuhi kebutuhan pangan untuk masyarakat, tanpa memikirkan dari mana produksi pertanian itu berasal,” terangnya.

Padahal menurutnya, baik pemerintah pusat, provinsi, dan daerah dituntut lebih aktif dalam meningkatkan ketahanan pangan demi terciptanya kemandirian pangan di tengah terus bergeraknya laju pertumbuhan penduduk.

“Seharusnya pemerintah mendorong daerah-daerah agar mampu memproduksi pangan secara mandiri. “Masalahnya bukan ketersediaan lagi, tapi bagaimana bisa me-manage pengelolaan pangan ini, agar tidak impor terus,” kata Yunandar yang juga Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Jabar ini.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan keseriusan dalam menjaga ketahanan pangan dengan menciptakan berbagai terobosan, dan untuk menjaga produktivitas pertanian perlu keberpihakan kepada para petani, salah satunya dengan memberi jaminan kesejahteraan bagi petani dan keluarganya. (Ydi)

Tinggalkan Balasan