Kriminalisasi Guru Berdampak Pada Kualitas Pendidikan

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Menurut Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Yomanius Untung maraknya pemidanaan atau kriminalisasi terhadap guru akhir-akhir ini seperti yang ramai diberitakan sehingga acap kali menjadikan guru enggan bersikap tegas terhadap anak didiknya dan hal ini berdampak pada kualitas pendidikan yang tidak maksimal.

“Seorang guru harus diberi perlindungan agar bersikap tegas sehingga pemerintah harus memberi perlindungan yang nyata agar guru bisa menjalankan tugasnya dengan baik, nyaman, dan tenang,” kata Untung, Minggu (12/6).

Walaupun sudah dilindungi oleh undang-undang, namun saat ini banyak guru yang tidak menyadari hal itu sehingga timbul rasa ketakutan dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu ia mengapresiasi langkah pemerintah daerah yang dengan nyata dan jelas siap memberi perlindungan bagi guru.

Dia memberikan contoh seperti Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang membentuk Tim Pembela Guru. Itu langkah yang tepat. Upaya ini, menurut dia, diyakini mampu memberi perlindungan maksimal pada guru sehingga pahlawan tanpa tanda jasa ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik tanpa dihantui rasa takut akan pemidanaan lagi. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan