Tingkatkan Kualitas Hidup, BAZNAS Jabar Berkolaborasi dengan Jabar Bergerak Bangun Fasilitas MCK

Kolaborasi antara Baznas Jabar dengan Jabar Bergerak sukses bangun fasilitas MCK di Dusun Sukajaya, RT 28 RW 08 Desa Margamulya, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. (Photo: baznasjabar)

CIAMIS, LINTAS JABAR – Lewat program ‘Sajaber’ (Sarana Jamban Bersama), BAZNAS Jabar berkolaborasi dengan Jabar Bergerak berhasil menyelesaikan pembangunan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di Dusun Sukajaya, RT 28 RW 08 Desa Margamulya, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Fasilitas MCK Dusun Sukajaya, RT 28 RW 08 Desa Margamulya, mulai bisa dimanfaatkan oleh warga setelah diresmikan pada pada Sabtu (31/8/2024) lalu.

Fasilitas MCK merupakan kebutuhan dasar masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup warga. Fasilitas ini tidak hanya mendukung kesehatan pribadi tetapi juga berkontribusi pada kebersihan lingkungan yang lebih luas.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua IV BAZNAS Jabar, Achmad Faisal saat dimintai keterangannya usai meresmikan fasilitas MCK di Desa Margamulya, Ciamis.

“MCK yang memadai adalah kebutuhan dasar yang krusial untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Fasilitas ini tidak hanya mendukung kesehatan pribadi tetapi juga berkontribusi pada kebersihan lingkungan yang lebih luas,” ucap Faisal.

“Kami berharap fasilitas ini dapat mengurangi risiko penyakit dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat di daerah ini” harapnya.

Peresmian fasilitas MCK di desa Margamulya, Ciamis secara simbolis diresmikan oleh Neneng Hayati selaku Wakil Ketua Bidang Abdimas Jabar Bergerak Pusat.

Menurut Agus Irfan Wijaya selaku Ketua pelaksana kegiatan yang juga Ketua Jabar Bergerak Ciamis, peresmian ini adalah bagian dari program tahunan Jabar Bergerak, yang sebelumnya berfokus pada bedah rumah di Kabupaten Ciamis.

Sementara, Kepala Desa Margamulya, Haris Hidayat, menyampaikan rasa terima kasihnya atas fasilitas MCK yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Fasilitas ini menjadi simbol kemajuan dan kesejahteraan warga Margamulya. Semoga memberikan manfaat besar bagi kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan hidup warga,” ucap Haris.

Ia juga mengajak warga untuk menjaga fasilitas tersebut sebagai aset berharga bagi kesejahteraan bersama.

“Semoga amal kebaikan dari semua pihak yang berkontribusi mendapat balasan yang berlipat ganda,” tutup Haris. (*)