Andhy: Selain Agenda Rutin, UKW Digelar Guna Mendukung Program Dewan Pers

  • Bagikan

BANDUNG, LJ – Guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pokja Kota Bandung akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Bahkan sebelumnya, PWI Pokja Kota Bandung juga telah menggelar simulasi UKW. Simulasi tersebut dimaksudkan agar calon peserta dapat mengetahui dan mempersiapkan diri dalam menghadapi proses UKW.

Workshop yang dikemas dan mengusung tema “Peranan Pers Dalam Pilkada Serentak 2018 & Uji Kompetensi Wartawan” merupakan hasil kerjasama antar PWI Pokja Kota Bandung dengan PWI Provinsi Jawa Barat, didukung pula Pemkot Bandung serta Bank BJB selaku mitra kerja.

Rencananya workshop dan UKW tersebut akan digelar pada 18-19 April 2018 mendatang di Asrilia Hotel.

Menurut Ketua PWI Pokja Kota Bandung, Hardiansyah, dibutuhkan kecerdasan wartawan dalam mengangkat persoalan atau informasi untuk disiarkan, serta memahami topik dan permasalahan pemberitaan.

“Mau tidak mau akan berkorelasi erat dengan peningkatan pengetahuan dan wawasan kemasyarakatan. Karenanya, wartawan yang berkualitas ditandai dengan kualitas karya jurnalistiknya,” ujar Hardiyansyah didampingi Ketua Panitia kegiatan, Asep Budianto di Sekretariat PWI Pokja Kota Bandung, Jalan Panaitan No. 23 Bandung, Selasa (20/3/2018).

Untuk memenuhi hal tersebut, menurut Andhy sapaan akrabnya, kompetensi wartawan sangat diperlukan sebagai salah satu syarat peningkatan kualitas.

Terlebih, sambungnya, pada tahun 2018 ini merupakan tahunnya politik. KPU akan menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak di 171 kota kabupaten begitupula Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar, untuk itu fenomena tersebut menuntut wartawan untuk tetap menjunjung profesionalisme serta kode etiknya sehingga menghasilkan kualitas karya jurnalistik yang berimbang dengan didasari akurasi data yang baik.

Faktor yang mendukung itu, menurut Andhy salah satunya adalah memiliki wawasan, pengetahuan serta pemahamannya dalam menyampaikan pesan berita.

Andhy berharap dengan digelarnya UKW merupakan bagian dari turut serta dan peranannya dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

Dikatakan Andhy, kegiatan UKW dan workshop, merupakan agenda rutin PWI Pokja Kota Bandung untuk menguji tingkat keprofesionalan wartawan khususnya di Kota Bandung. Disamping, untuk mendukung program Dewan Pers dalam meningkatkan kualitas wartawan.

Sementara itu, Ketua panitia Workshop Peranan Pers Dalam Pilkada Serentak 2018 & Uji Kompetensi Wartawan, Asep Budianto menyebutkan peserta dalam kegiatan ini akan dibatasi hanya untuk 70 orang peserta atau wartawan.

“Kegiatan akan diawali dengan Workshop Peranan Pers Dalam Pilkada Serentak 2018 kemudian dilanjutkan Uji Kompetensi Wartawan. Untuk itu PWI Pokja Kota Bandung membuka kesempatan dan mengajak kepada para wartawan di Kota Bandung dan Jawa Barat,” jelasnya.

UKW yang akan dilaksanakan terbagi 3 kategori atau tingkatan yaitu Muda, Madya dan Utama. Sedang penguji untuk masing-masing tingkatan langsung dari Dewan Pers.

“Mengingat terbatasnya kuota peserta, rekan-rekan wartawan dapat segera mendaftarkan diri. Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak tanggal 15 Maret 2018 dan akan di tutup tanggal 16 April 2018 atau setelah kuota peserta terpenuhi,” jelas Asep Budi.

Diinformasikan Asep Budi, untuk pendaftaran bagi calon peserta bisa datang langsung ke sekretariat PWI Pokja Kota Bandung jalan Panaitan No. 23 Bandung Telp. 022.4210504, setiap hari kerja mulai jam 10.00 wib sampai 19.00 wib.

Atau bisa menghubungi kontak person.

1. Budi: 085320402040,

2. Herri: 081222556506,

3. Ferry: 081394645572,

4. Udin: 081220497097,

5. Ryan: 081222670146,

6. Elly: 081910034040. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan