Anggota DPRD Jabar Periode 2014-2019 Mayoritas Diduduki Muka Baru

  • Bagikan

BANDUNG (LJ) – Berdasarkan hasil perhitungan KPU Jabar, dari seratus kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat, akan diisi dan diduduki oleh 70 Persen atau  70 orang politisi baru/ muka baru. Sisanya 30 persen atau  30 orang adalah incumbent/ anggota lama yang duduk kembali ke DPRD Jabar.

Anggota Komisi A DPRD Jabar Drs.H. Deden Darmansyah mengatakan, ada sebanyak 61 orang anggota DPRD Jabar periode 2009-2014 yang mencaleg kembali ke DPRD Jabar, sekitar 20 an mencaleg ke DPR RI,  1 ke Kab. Majalengka dan sisanya tidak mencaleg. Namun yang berhasil masuk kembali ke DPRD Jabar ada 30 orang, ke DPR RI: 3 orang.

Dikatakan, kecilnya jumlah anggota yang kembali terpilih, bukan berarti selama kami  jadi anggota DPRD Jabar bekinerja kurang baik.  Rekan-rekan anggota dewan sudah bekerja maksimal dan optimal termasuk juga saat mencelag. Walaupun hasilnya kurang memuaskan, kata Deden di ruang Komisi A DPRD Jabar, Senin (5/5).

Pemilu 2014 sekarang penuh dengan persoalan, mulai dari ketidak akuratan DPT, selisih pemilih tambahan yang mencapai 318ribu suara dari DPT,  adanya permainan oknum penyelenggara pemilu (KPU, PPK, PPS), Bawaslu tidak menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal sehingga banyak pelanggaran yang ditemukan ditidak ditindak lanjuti.

Lebih lanjut Deden mengatakan, sampai saat ini hasil perhitungan rakapitulasi perolehan suara Pileg 2014 oleh KPU Jabar ditolak oleh KPU Pusat, dan diminta untuk dilakukan pencermatan atas data pemilih.

Bahkan, lanjut Deden, Bawaslu RI juga merekomendasikan untuk dilakukan perhitungan ulang.  Hal ini menandakan, Pileg di Jabar  memang ada persoalan.

Sementara itu, Sekretaris Komisi E DPRD Jabar, Yod Mintaraga mengatakan, persoalan yang ditemukan dalam pemilu 2014 cukup banyak, mulai dari permainan oknum penyelenggara, kecurangan caleg sampai pada cukup banyaknya oknum PNS yang menjadi tim sukses.

Sementara Ke 30 orang anggota DPRD Jabar yang kembali terpilih dan duduk terdiri dari FPD 5 orang: Irfan Suryanagara,  Didin Supriadin, Wawan Setiawan,  Sri Budihardjo, Toto Purwanto;  FPDIP 7 orang : Ineu Purwadewi, Nia Purnakania, Meilina K. Kadir, Ijah Hartini, Asyanti Rozana Thalib,  I.Budiono, Agus Wliyanto;

Selanjutnya dari FPG ada  5 orang : Ganiwati, Ali Hasan, Yod Mintaraga, Siti Aisyah, E Kusnadi,; FPKS ada 5 yaitu Tate Qomarudin, Nur Suprianto, Is Budi Widuri, Tetep Abdulatif, Ridho Budiman Utama.  Dari FP Gerindra ada 4 orang : Syahrir, Dady Rahonady, Ricky Kurniawan, Lina Ruslinawati. Untuk FPPP (2)  ada Yusuf Puadz dan Omin Basuni, FPAN ahanya Maman Abdurahman dan FPKB ada Iemas Masithoh M Nur.

Berikut  hasil perolehan kursi Parpol untuk DPRD Jabar,  PDIP 20 kursi, Pgolkar 17 kursi, Pgerindra 12 kursi, Demokrat 12 kursi, PKS 11 kursi, PPP 9 kursi, PKB 7 kursi, Partai Nasdem 5 kursi, PAN 4 kursi dan Hanura 3 kursi. Total 100 kursi. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan