Arif: Kewajiban Bersama-sama Dalam Melawan Penyebaran Covid-19

  • Bagikan

[lintasjabar tkp] Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Satgas Covid-19 terus mensosialisasikan gerakan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak serta menghindari kerumunan.

Tentu saja bukan hanya tanggung jawab pemerintah dalam penanganan penanggulangan penyebaran pandemi Covid-19, tetapi menjadi kewajiban bersama dalam melawan dan menekan sebarannya. Hal tersebut penting dalam rangka mencegah penularan virus corona antar satu sama lainnya.

Demikian disampaikan anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, H. Arif Hamid Rahman, SH saat berkunjung ke kantor Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) Jawa Barat di kawasan Arcamanik Kota Bandung belum lama ini.

Ditambahkan Arif, beberapa kota di Jabar sejauh ini masuk dalam daftar daerah terbaik dalam penanganan Covid-19 di Jawa Barat, diantaranya Kota Cimahi, Kota Bandung bersama tiga kota lainnya yakni Kota Bekasi, Kota Bogor, dan Kota Cirebon.

Dijelaskan, menurut WHO, langkah-langkah perlindungan dari virus corona adalah tetap mengetahui informasi terbaru tentang wabah COVID-19.

“Hal tersebut tersedia di situs web WHO atau melalui otoritas kesehatan publik nasional dan lokal,” terangnya.

Adapun cara mencegah kemungkinan terinfeksi COVID-19 adalah dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana seperti berikut ini:

  1. Cuci tangan teratur

Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan Anda dengan gosok berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air.

Alasannya, mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan gosok tangan berbasis alkohol dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

2. Sosial distancing

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter dari siapa saja yang batuk atau bersin. Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus.

Jika terlalu dekat, maka tetesan air bisa terhirup, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat terpapar virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.

Pastikan orang-orang di sekitarmu, mengikuti ‘kebersihan pernapasan’ yang baik. Ini berarti menutupi mulut dan hidung dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat batuk atau bersin.

  1. Segera buang tisu bekas

Karena tetesan yang tertampung pada tisu bisa menyebarkan virus. Dengan mengikuti kebersihan pernapasan yang baik, maka bisa melindungi orang-orang di sekitarmu dari virus seperti flu dan COVID-19.

  1. Tetap di rumah jika merasa tidak sehat

Jika mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat.

Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah setempat. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan bisa dengan cepat mengarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat.
Ini juga akan melindungimu dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

“Ikuti perkembangan COVID-19 terbaru (kota atau area lokal di mana COVID-19 menyebar luas). Jika memungkinkan, hindari bepergian ke tempat-tempat tersebut terutama untuk orang yang lebih tua atau menderita diabetes, penyakit jantung, atau paru-paru atau penyakit kronis atau akut,” jelasnya karena lanjutnya hal tersebut memiliki peluang lebih tinggi untuk terkena COVID-19 di salah satu area ini. (San/Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan